sveosportu.com

Harapan PN-SSI soal Larangan Suporter Tandang

Ilustrasi suporter away di Liga 1. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

- Liga 1 2024-2025 yang akan dimulai pada 9 Agustus mendatang masih mempertahankan beberapa aturan yang hampir tidak berubah dari musim sebelumnya.

Salah satu aturan tersebut adalah larangan kehadiran suporter tandang. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menjelaskan alasan mengapa aturan ini tetap diberlakukan di Liga 1 musim depan, yang berkaitan erat dengan FIFA.

Erick Thohir mengungkapkan bahwa sepak bola Indonesia masih berada di bawah pengawasan federasi sepak bola dunia tersebut, menyusul beberapa insiden yang terjadi terkait pertandingan sepak bola di Indonesia.

"Larangan untuk suporter tandang ini jelas berasal dari surat FIFA. Transformasi yang sedang berlangsung di PSSI saat ini masih dalam proses peninjauan. Baru-baru ini, FIFA mengirim tim untuk memeriksa beberapa fasilitas apakah sudah sesuai dengan standar mereka," kata Erick Thohir dalam konferensi pers di Jakarta pada 20 Juni 2024.

Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia (PN-SSI) menerima dengan lapang dada aturan larangan suporter hadir di laga tandang pada kompetisi Liga 1 2024-2025. Namun, PN-SSI meminta agar larangan tersebut dicabut setelah Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah).

"Iya, masih ada larangan suporter tandang. Tidak tahu apa pertimbangannya untuk tahun ini. Mungkin karena dekat Pilkada, jadi ada kekhawatiran," kata Ketua PN-SSI, Uki Nugraha.

Daeng Uki, sapaan akrab Uki Nugraha, mengaku tidak bisa berbuat banyak jika itu sudah menjadi keputusan PSSI dan PT LIB selaku operator liga. Meski sudah ada komitmen antarsuporter sebelumnya, insiden yang tidak diharapkan tetap bisa terjadi.

Meski begitu, Daeng Uki berharap larangan suporter tandang ini tidak berlaku selama semusim penuh. Setidaknya, dia berharap larangan tersebut dicabut setelah Pilkada.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, menyatakan bahwa pihaknya sedang merancang skema untuk suporter tandang di Liga 1. Namun, Arya juga menambahkan bahwa rancangan ini belum dapat diterapkan dalam waktu dekat.

"Saya belum tahu transisinya kapan. Nanti misalnya ini baru rancangan dari saya Exco suporter akan kami ajukan ke PSSI, nanti akan ada antarklub yang tidak ada histori berantem," kata Arya dalam sebuah diskusi yang diadakan Football Institute di Jakarta, Selasa (9/7/2024).

Lebih lanjut, Arya mengungkapkan usulan regulasi suporter away di Liga 1 2024-2025 ini akan dibawa ke rapat Exco PSSI. Nantinya juga akan ada laga yang menjadi uji coba kehadiran suporter away secara resmi ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat