sveosportu.com

Link Live Streaming Portugal vs Rep. Ceko di Euro 2024

Kendati diunggulkan, Portugal diyakini takkan mudah saat menghadapi Rep. Ceko pada laga pertama Grup F di Euro 2024, Selasa (18/6/2024) malam waktu setempat. (Hendy AS/Skor.id)

– Berikut ini prediksi dan link live streaming Portugal melawan Republik Ceko di Grup F Euro 2024. Juara Eropa 2016 Portugal akan menghadapi Rep. Ceko di Stadion Leipzig, Jerman. 

Pertandingan Portugal versus Rep. Ceko ini akan digelar pada Selasa (18/6/2024) malam waktu setempat atau Rabu (19/6/2024) dini hari mulai pukul 02.00 WIB. 

Live streaming Portugal melawan Rep. Ceko dapat disaksikan di RCTI dan Vision+. Adapun link live streaming Portugal vs Rep. Ceko ada di akhir tulisan ini. 

Tergabung di Grup F Euro 2024, selain Portugal dan Rep. Ceko, pul ini juga dihuni Turki dan Georgia yang juga menggelar duel pertamanya pada Selasa malam waktu setempat, tiga jam lebih dahulu dari duel Portugal vs Rep. Ceko. 

Melihat reputasi dan materi pemain yang dimiliki saat ini, Portugal datang sebagai salah satu favorit pada Piala Eropa musim panas ini. Portugal dianggap sebagai penantang trofi di Jerman, sementara Rep. Ceko akan berusaha untuk maju dari grup.

Sebelum juara pada Euro 2016, Portugal tercatat tiga (1984, 2000, 2012) kali menembus semifinal. Namun, saat berusaha mempertahankan gelar di Euro 2020, A Selecao das Quinas justru tersingkir di 16 besar. 

Portugal mencapai perempat final pada Piala Dunia 2022 lalu, dan setelahnya Roberto Martinez dipercaya melatih (mulai Januari 2023). Di bawah pelatih asal Spanyol itu, Portugal mengalami perkembangan signifikan.

Portugal datang ke putaran final Euro 2024 dengan modal hasil impresif di kualifikasi. Dengan segudang pemain berteknik tinggi, Portugal menjadi satu-satunya tim di Euro 2024 yang meraih haasil 100% di kualifikasi. Portugal juga mencetak gol terbanyak (36) dibanding tim lain dan kemasukan lebih sedikit (2) daripada skuad lainnya.

Portugal juga menjadi satu-satunya tim di Euro 2024 yang selalu mampu lolos ke fase knockout di tujuh Piala Eropa terakhir, sejak 1996. Faktanya, mereka mampu lolos dari fase grup di seluruh delapan keikutsertaannya di Euro. 

Sang kapten Cristiano Ronaldo sudah pasti akan memimpin lini depan Portugal. Jerman 2024 akan menjadi Euro keenam (setelah 2004, 2008, 2012, 2016, dan 2020) bagi CR7. 

Penyerang Al Nassr FC itu pasti akan memperpanjang rekor 25 kali bermain di putaran final Piala Eropa. Bukan tak mungkin juga Ronaldo mempertajam rekornya sebagai top scorer Euro sepanjang masa yang kini dipegangnya dengan 14 gol.

Pun begitu, persaingan untuk mendapatkan tempat di lini depan Portugal dipastikan juga sengit karena mereka memiliki Rafael Leao, Bernardo Silva, Joao Felix, Pedro Neto, Diogo Jota, dan Goncalo Ramos, yang memburu posisi starter.

Sementara, pemain muda seperti Francisco Conceicao bisa menjadi opsi di cadangan. Portugal juga masih memiliki kreator peluang di lini tengah dalam diri Bruno Fernandes. 

Rep. Ceko sendiri bukan lawan asing bagi Portugal di Piala Eropa. Mereka sudah saling tahu karena pernah berhadapan di Euro 1996, 2008, dan 2012. 

Rep. Ceko berharap pertahanan tangguh yang membuat mereka lolos dari kualifikasi dapat bertahan menghadapi tekanan serius yang mungkin terjadi di Leipzig. 

Rep. Ceko mampu membuat lawan mereka mencatat expected goal (xG) 5,1 dan 20 tembakan tepat sasaran di delapan pertandingan mereka di kualifikasi, keduanya merupakan angka terendah dari semua tim yang bersaing. 

Rep. Ceko juga memiliki sejarah yang kuat dalam kompetisi ini dan oleh karena itu berharap mereka tidak terkejut dengan kesempatan tersebut, meskipun mereka memiliki skuad termuda dan paling tidak berpengalaman di Euro 2024.

Mereka mengangkat trofi (sebagai Cekoslowakia) pada tahun 1976 dan mencapai final pada 1996, kalah dari Jerman. Tahun ini, Rep. Ceko ambil bagian dalam Piala Eropa yang ke-11, dan kedelapan berturut-turut. Rekor tanpa henti tersebut merupakan partisipasi terpanjang ketiga berturut-turut saat ini di Euro di belakang Jerman (14) dan Prancis (9).

Ini akan menjadi pertemuan Piala Eropa keempat antara Portugal dan Rep. Ceko sejak tahun 1996. Pada saat itu, hanya Italia dan Spanyol yang bertemu lebih banyak (5). Namun, mereka akan bertemu untuk kali keenam di Euro 2024.

Republik Ceko memenangi pertemuan pertama mereka dengan Portugal pada tahun 1996 (1-0), sedangkan A Selecao menang dalam dua pertemuan terakhir (3-1 pada tahun 2008, 1-0 pada tahun 2012). 

Portugal selalu memenangkan empat pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi melawan Rep. Ceko, mencetak 10 gol dan hanya kebobolan satu kali. Mereka juga tidak kebobolan dalam tiga pertandingan terakhir.

Kondisi Terkini Kedua Tim

Portugal:
*Akan ada beberapa pemain top di cadangan Portugal. Namun Ronaldo, pada usia 39 tahun, siap memimpin lini depan. Ia akan berupaya menambah jumlah 130 gol untuk negaranya.
*Ronaldo akan membuat sejarah musim panas ini, saat ia bersiap untuk turun di Euro keenamnya. Ia juga ingin menjadi pemain tertua yang mencetak gol di kompetisi tersebut.
*Pepe akan berusia 41 tahun 113 hari saat tim nasionalnya membuka kampanye Euro 2024. Ia diperkirakan akan tampil di lini tengah pertahanan untuk menjadi pemain tertua dalam sejarah turnamen tersebut.
*Rafael Leao dan Bernardo Silva bisa mendapat kesempatan bermain bersama Ronaldo di sepertiga akhir lapangan, dengan Bruno Fernandes, Vitinha dan Joao Palhinha beroperasi di lini tengah.

Rep. Ceko:
*Gelandang Michal Sadilek yang seharusnya menjadi starter terpaksa keluar dari skuad sebelum turnamen dimulai karena cedera yang dialami saat mengendarai sepeda.
*Duo West Ham United Vladimir Coufal dan Tomas Soucek akan berada di starting XI, sementara Jan Kutcha harus tampil di sepertiga akhir lapangan pada Selasa malam.
*Patrik Schick dengan nyaman menjadi pencetak gol terbanyak skuad Rep. Ceko dengan 19 gol. Pemain berusia 28 tahun itu akan memimpin lini depan di sini, berusaha menambah lima gol yang telah ia cetak di kompetisi ini.
*Adam Hlozek hanya berhasil mencetak dua gol untuk negaranya. Tetapi, pemain berusia 21 tahun ini juga berpeluang tampil di sepertiga akhir lapangan melawan Portugal.

Perkiraan Susunan Pemain

Portugal (3-4-3): Diogo Costa; Antonio Silva, Ruben Dias, Goncalo Inacio; Diogo Dalot, Bruno Fernandes, Vitinha, Joao Cancelo; Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, Rafael Leao
Pelatih: Roberto Martinez

Rep. Ceko (3-4-1-2): Jindrich Stanek, Tomas Holes,  Robin Hranac, Ladislav Krejci; Vladimir Coufal, Tomas Soucek, Lukas Provod, David Doudera; Antonin Barak; Patrik Schick, Adam Hlozek
Pelatih: Ivan Hasek 

Head to Head:
5 Laga
4 Portugal menang
1 Rep. Ceko menang       

Pertemuan Terakhir:
24/06/2022 Rep. Ceko 0-4 Portugal – Grup 2 UEFA Nations League A
09/06/2022 Portugal 2-0 Rep. Ceko – Grup 2 UEFA Nations League A
21/06/2012 Rep. Ceko 0-1 Portugal – Perempat final Euro 2012

Prediksi :
Portugal 2-1 Rep. Ceko

Berikut ini link live streaming Portugal vs Rep. Ceko di Euro 2024:

Link Live Streaming Portugal vs Rep Ceko di RCTI+

Link Live Streaming Portugal vs Rep Ceko di Vision+ 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat