sveosportu.com

Prestasi Timnas Meningkat, Menpora Dito Puji Kinerja PSSI

Menpora RI, Dito Ariotedjo. (Foto: Uut Kahar/Grafis: Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

– Menpora RI, Dito Ariotedjo, memuji keberhasilan PSSI dalam meningkatkan prestasi Timnas Indonesia di bawah kepemimpinan Erick Thohir sebagai Ketua Umum.

Hal itu dituturkannya saat menghadiri Kongres Biasa PSSI 2024 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (10/6/2024). Menpora Dito hadir sebagai salah satu tamu undangan.

Pada kesempatan itu, Menpora Dito menyampaikan pujian terhadap kinerja PSSI selama satu tahun terakhir.

Dia menyebut banyak terobosan yang telah dilakukan PSSI menyusul prestasi apik yang berhasil diraih Timnas Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. 

“Kita bisa melihat betapa banyak sekali terobosan dan transformasi yang dilakukan PSSI di bawah kepemimpinan Bapak Erick Thohir dan ini bisa terlihat dari bagaimana yang paling mudah adalah peringkat kita dari (posisi) 149 naik ke-134,” ujar Menpora Dito.

Lonjakan peringkat Timnas Indonesia itu tidak terlepas dari hasil yang diraih skuad asuhan Shin Tae-yong dalam beberapa laga terakhir. Di antaranya berhasil menang back-to-back atas Vietnam.

Kemenangan itu terjadi saat Pratama Arhan dan kawan-kawan mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 1-0, dalam laga yang digelar pada 21 Maret lalu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.

Lima hari kemudian, Indonesia kembali menang dengan skor telak 3-0 dalam pertandingan di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, 26 Maret 2024.

Ini merupakan peringkat terbaik Indonesia dalam 13 tahun terakhir. Sebelumnya Skuad Garuda sempat berada di peringkat 130 dunia pada 2011 lalu.

Selanjutnya, Erick Thohir menargetkan timnas bisa tembus peringkat 100 besar dunia di ranking FIFA di bawah kepelatihan Shin Tae-yong.

Menpora Dito menyebut target tersebut tidak mustahil dan besar peluangnya dapat terwujud melihat dari pencapaian-pencapaian timnas saat ini.

“Saya rasa ini bukan target yang mustahil dari Bapak Erick Thohir (timnas) masuk 100 besar,” lanjut Menpora Dito.

Kongres Biasa PSSI 2024. (Foto: Rais Adnan/Grafis: Rahmat Ari Hidayat/)
Menpora Dito Ariotedjo membuka Kongres Biasa PSSI 2024 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (10/6/2024). (Rais Adnan/)

Selain kenaikan peringkat, Timnas Indonesia tercatat mencetak berbagai prestasi bergengsi lainnya dalam setahun terakhir.

Di antaranya adalah medali emas SEA Games 2023 Kamboja yang berhasil mengakhiri penantian 32 tahun Indonesia untuk meraih prestasi tersebut.

Lalu, keberhasilan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan menjadi semifinalis Piala Asia U-23 2024 di Doha, Qatar. Timnas Indonesia menunjukkan perjuangan luar biasa dengan mengalahkan tim-tim besar seperti Australia, Yordania hingga Korea Selatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat