sveosportu.com

Profil 5 Pemain Keturunan Calon Pemain Timnas U-20 Indonesia

Indra Sjafri dan 5 pemain keturunan Indonesia di Belanda. (Foto: Indra Sjafri/Grafis: Hendy Andika/Skor.id)

- Pelatih Timnas U-20 Indonesia, Indra Sjafri, secara perlahan mengungkapkan siapa saja pemain yang ditemukannya hasil blusukan ke Belanda.

Hal itu terungkap dari unggahan akun Instagram pribadinya, Minggu (12/5/2024). Dalam unggahan tersebut, Indra Sjafri berpose dengan lima pemain berdarah Indonesia yang kini berkompetisi di Belanda.

Kelima pemain itu adalah Jens Ravens (FC Dordrecht U-21), Mauresmo Hinoke (FC Dordrecht U-21), Xavi Woudstra (SC Heerenveen U-21), Dion Markx (NEC Nijmegen U-21), dan Kaya Symons (Vitesse Arnhem U-21).

Dalam kapsi di unggahannya tersebut, pelatih yang membawa Timnas U-23 Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023 itu menuturkan ini adalah bagian dari dirinya yang ingin melihat seluruh potensi pemain yang bisa memperkuat Timnas U-20 Indonesia.

“Setelah melihat semua potensi di dalam negeri, Tim Nasional U20 juga memberikan kesempatan kepada para pemain ‘Keturunan Indonesia’ yang saat ini bermain di luar negeri untuk dapat dilakukan pemantauan baik secara langsung ke Belanda maupun lewat pertandingan ulang,” tulis Indra Sjafri.

“Semua usaha terbaik kita lakukan untuk dapat menembus turnamen usia muda tertinggi yaitu FIFA World Cup U20 tahun 2025,” tambah pelatih berusia 61 tahun itu.

Lantas, seperti apa profil para pemain tersebut? Berikut paparannya:

Jens Ravens (Striker/FC Dordrecht U-21)

Jens Raven adalah pemain yang memiliki darah Indonesia dari neneknya yang berasal dari Yogyakarta. Pemain berusia 18 tahun itu pun menjadi satu-satunya pemain di antara kelima pemain di atas yang sudah bertemu dengan Ketum PSSI, Erick Thohir, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dia tercatat bergabung dengan Dordrecht U-21 sejak 1 Juli 2023. Sebagai seorang striker, Jens Raven telah mengemas enam gol dari 19 pertandingan di Liga U-21 Belanda musim 2023-2024.

Mauresmo Hinoke (Sayap Kiri/FC Dordrecht U-21)

Mauresmo Hinoke saat ini juga menjadi salah satu andalan FC Dordrecht U-21 di lini serang. Tercatat, pemain berusia 19 tahun ini sudah mengemas tiga gol dari 17 pertandingan di Liga U-21 Belanda musim ini.

Bukan hanya bisa berposisi sebagai pemain sayap kiri, dia juga bisa dimainkan di posisi sayap kanan, maupun gelandang.

Xavi Woudstra (Gelandang/SC Heerenveen U-21)

Pemain berusia 19 tahun ini merupakan gelandang andalan SC Heerenveen U-21. Xavi Woudstra telah dimainkan dalam 22 pertandingan Liga U-21 Belanda musim ini bersama Heerenveen. Plus sebagai seorang gelandang, Woudstra juga mampu mencetak tiga gol.

Bukan hanya itu, dia juga punya dua caps bersama Timnas U-18 Belanda dalam laga persahabatan internasional. Itu terjadi pada 2023 lalu, saat Timnas U-18 Belanda beruji coba melawan Meksiko U-18 dan Uni Emirat Arab U-18.

Dion Markx (Bek Tengah/NEC Nijmegen U-21)

Pemain dengan tinggi badan 187 cm ini merupakan pemain andalan di lini pertahanan NEC Nijmegen U-21. Dion Markx telah dimainkan dalam 23 pertandingan di seluruh kompetisi yang diikuti NEC Nijmegen U-21.

Selain sebagai bek tengah, dia juga bisa diposisikan sebagai seorang gelandang.

Kaya Symons (Bek Kiri/Vitesse Arnhem U-21)

Kaya Symons memiliki kekuatan di kaki kiri. Pemain berusia 19 tahun ini dimainkan dalam 17 pertandingan bersama Vitesse Arnhem U-21 di Liga U-21 Belanda musim ini. Dia pun telah mengemas satu gol dan satu assist.

Dia juga pernah mendapatkan satu caps bersama Timnas U-19 Belanda. Itu saat mereka menghadapi Italia U-19 dalam laga uji coba internasional, 11 September 2023.

Dalam laga tersebut, Kaya Symons dimainkan selama tujuh menit sebagai pemain pengganti, dan Belanda U-21 menang dengan skor 2-0.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat