sveosportu.com

Profil Tim Grup F Euro 2024: Georgia

Tim penghuni Grup F Euro 2024 (Piala Eropa 2024), Georgia. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

- Berikut ini profil tim Euro 2024 (Piala Eropa 2024) di Grup F, atau grup terakhir di putaran final. Georgia akan menjadi tim yang dibahas kali ini, mereka akan menghadapi Turki, Republik Ceko, dan Portugal.

Ajang Euro 2024 akan menjadi debut Georgia di turnamen antarnegara Eropa ini, mereka berhasil lolos ke putaran final melalui playoff jalur C.

Pada babak Kualifikasi Euro 2024 Georgia tergabung bersama Spanyol, Skotlandia, Norwegia, dan Cyprus.

Namun, mereka tak mampu berbuat banyak, setelah hanya meraih dua kemenangan, dua kali imbang, dan empat kali kalah.

Hasil itu membuat Georgia hanya mengoleksi delapan poin, dan duduk di peringkat keempat sehingga tersingkir dari perebutan tiket lolos langsung ke putaran final Piala Eropa 2024.

Namun, performa apik mereka di UEFA Nations League C, membuat negara pecahan Uni Soviet itu berkesempatan maju ke babak playoff jalur C.

Pada babak semifinal playoff jalur C, Georgia berhadapan dengan Luxembourg, mereka berhasil menang 2-0, dan maju ke final untuk melawan Yunani yang menang 5-0 atas Kazakhstan.

Georgia mengalahkan Yunani di laga final melalui adu penalti yang berakhir dengan skor 4-2, setelah kedua tim bermain imbang 0-0 hingga babak tambahan.

Ini menjadi kesuksesan besar bagi Federasi Sepak Bola Georgia yang dibentuk pada 15 Februari 1990, dan menjadi partisipasi pertama mereka di ajang Euro.

Kini ujian sesungguhnya telah menanti, Turki, Portugal, dan Republik Ceko akan menjadi lawan tangguh yang harus mereka hadapi di putaran final.

Pelatih Georgia di Euro 2024, Willy Sagnol. (Rahmat Ari Hidayat/).
Pelatih Georgia di Euro 2024, Willy Sagnol. (Rahmat Ari Hidayat/).

Pelatih: Willy Sagnol

Seusai pensiun sebagai pemain di Bayern Munchen pada 2009, Willy Sagnol tak meninggalkan dunia sepak bola yang telah membesarkan namanya.

Willy Sagnol kemudian menjadi staf Saint-Etienne pada 2010 sebelum menjadi pencari bakat Bayern Munchen pada tahun 2011.

November 2011 ia kemudian menjabat sebagai direktur teknik Tim Nasional Prancis, sebelum mengambil alih sementara Timnas U-20 Prancis pada 2013 sebagai caretaker.

Sempat menjabat sebagai kepala operasional Timnas Prancis periode 2013-2014, ia kemudian menangani Timnas U-21 Prancis dalam delapan pertandingan, sebelum akhirnya menangani Bordeaux pada 2014-Maret 2016.

Willy Sagnol sempat menjadi assisten pelatih Carlo Ancelotti di Bayern Munchen, dan sempat memimpin Die Roten dalam satu pertandingan ketika ditahan 2-2 oleh Herta Berlin.

Sagnol telah dilantik menjadi pelatih Georgia pada 15 Februari 2021, dan berhasil membawa negara tersebut ke putaran final Euro 2024.

Hingga kini, ia telah memimpin tim dengan sebutan Jvarosnebi itu dalam 33 pertandingan, hasilnya Georgia meraih 16 kemenangan, lima kali imbang, dan 12 kali kalah.

Cover Khvicha Kvaratskhelia (Napoli). (Dede Mauladi  )
Pemain Napoli, Khvicha Kvaratskhelia. (Dede Sopatal Mauladi )

Pemain Bintang: Khvicha Kvaratskhelia

Khvicha Kvaratskhelia layak mendapat perhatian lebih dari lawan-lawan mereka di Grup F Euro 2024.

Namanya melejit, ketika membantu Napoli mengakhiri penantian gelar Liga Italia selama 33 tahun dengan meraih Scudetto di musim 2022-2023.

Pada musim 2022-2023, Khvicha Kvaratskhelia total menceploskan 14 gol dan 17 assist dalam 43 penampilan untuk Napoli di berbagai kompetisi.

Ia terpilih sebagai pemain terbaik Napoli di musim itu, di tambah gelar pemain terbaik Georgia 2023, menambah koleksinya setelah tahun 2022 dan 2020.

Torehan lima golnya di UEFA Nations League C, juga berperan dalam keberhasilan Georgia melajue melalui babak playoff.

Musim ini penampilan Khvicha Kvaratskhelia memang sedikit menurun, dalam 44 pertandingan, ia hanya menorehkan 11 gol dan sembilan assist untuk Napoli.

Profil Tim Georgia

Nama Asosiasi: Georgian Football Federation (GFF)
Berdiri: 15 Februari 1990
Julukan: Jvarosnebi (Crusaders)
Presiden: Levan Kobiashvili
Pelatih: Willy Sagnol
Kapten: Guram Kashia
Tampil di Piala Eropa: 1 (2024)
Gelar: -

Skuad Sementara Georgia

Kiper
Giorgi Loria
Giorgi Mamardashvili
Luka Gugeshashvili

Belakang
Otar Kakabadze
Lasha Dvali
Guram Kashia
Solomon Kvirkvelia
Giorgi Gocholeishvili
Luka Lochoshvili
Giorgi Gvelesiani
Vladimer Mamuchashvili
Saba Sazonov

Tengah
Giorgi Kochorashvili
Zuriko Davitashvili
Giorgi Chakvetadze
Nika Kvekveskiri
Otar Kiteishvili
Sandro Altunashvili
Levan Shengelia
Jaba Kankava
Giorgi Tsitaishvili
Anzor Mekvabishvili

Depan
Khvicha Kvaratskhelia
Budu Zivzivadze
Giorgi Kvilitaia
Georges Mikautadze

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat