sveosportu.com

Profil Tim Grup F Euro 2024: Republik Ceko

Skuad Republik Ceko melakukan perubahan jelang tampil dalam Euro 2024 (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

– Skuad Republik Ceko untuk Euro 2024 saat ini mulai terbentuk. Juara Piala Eropa 1976 itu memang menginginkan penampilan yang kuat saat berlaga di Jerman nanti.

Mencapai perempat final Euro 2020, ketika itu Republik Ceko melampaui ekspektasi dengan tim yang dapat diandalkan. 

Namun, ada banyak perubahan dalam beberapa tahun terakhir. Sang pelatih Ivan Hasek memilih memperbarui skuad Republik Ceko Euro 2024 dengan pemain yang lebih muda dan lebih “lapar”.

Pencetak gol terbanyak Patrik Schick, yang mencetak gol cantik melawan Skotlandia pada Euro 2020 sebelumnya dan baru saja memenangkan Bundesliga bersama Bayer Leverkusen, masih bertahan.

Sementara Tomas Soucek adalah kapten dan anggota tim yang paling berpengalaman dan kini mendekati 70 caps untuk Timnas Republik Ceko.

Republik Ceko memiliki peluang cukup besar untuk mencapai babak knock-out atau sistem gugur pada Euro 2024 mendatang.

Ceko bergabung di Grup F bersama Portugal, Turki, serta Georgia, sehingga di atas kertas hanya Portugal yang bisa menjadi pesaing berat Ceko.

Meski demikian skuad Republik Ceko di Euro 2024 tetap harus berada dalam performa terbaiknya jika ingin lolos grup karena semua lawan di grup tentunya punya kualitas.

Ivan Hasek, pelatih Timnas Republik Ceko (Jovi Arnanda/).
Ivan Hasek, pelatih Timnas Republik Ceko (Jovi Arnanda/).

Pelatih: Ivan Hasek

Setelah menangani Republik Ceko hanya dalam lima laga pada 2009 (meraih tiga kemenangan dan dua kali seri), Ivan Hasek kembali melatih Republik Ceko awal 2024. 

Hasek menggantikan Jaroslav Silhavy yang membantu Republik Ceko lolos dari kualifikasi hingga mencapai Euro 2024. Sulhavy mengundurkan diri setelah menghadapi banyak kritik.

Sedangkan Hasek sebelumnya melatih di Timur Tengah, memimpin klub-klub di Uni Emirat Arab dan Qatar, serta Tim Nasional Lebanon. 

Namun, Hasek gagal membantu Lebanon lolos ke Piala Dunia 2022 sehingga kontraknya tidak diperpanjang.

Setelah ikut membawa Bayer Leverkusen juara Bundesliga, Patrik Schick siap mengancam gawang lawan-lawan Republik Ceko pada Euro 2024 (Jovi Arnanda/).
Setelah ikut membawa Bayer Leverkusen juara Bundesliga, Patrik Schick siap mengancam gawang lawan-lawan Republik Ceko pada Euro 2024 (Jovi Arnanda/).

Pemain Bintang: Patrik Schick

Pemain Terbaik Ceko Tahun 2021 dan 2022, Patrik Schick, akan jadi ujung tombak serangan negaranya sekali lagi pada Euro 2024 di negara tempat ia bermain sepak bola bersama klubnya, Bayer Leverkusen.

Meskipun pengaruhnya di tim asuhan Xabi Alonso itu tidak begitu penting, bagi Timnas Republik Ceko ia adalah anggota paling penting dalam skuad.

Dengan torehan 18 gol dalam 37 penampilan internasional, penampilan Schick bisa berdampak besar pada nasib Republik Ceko dalam Euro 2024

Tanpa dia, serangan tim sering kali menjadi ompong. Sebaliknya dengan Schick, daya serang Republik Ceko lebih mematikan.

Profil Tim Republik Ceko

Nama Asosiasi: Fotbalova Asociace Ceske Republiky (FACR)

Berdiri: 19 Oktober 1901

Julukan: Narodak, Lokomotiva

Presiden: Petr Fousek

Pelatih: Uvan Hasek

Kapten: Tomas Soucek

Tampil di Piala Eropa: 11 (1960, 1976, 1980, 1996, 2000, 2004, 2008, 2012, 2016, 2020, 2024)

Gelar:

Euro (1976)

Medali Emas Olimpiade (1980)

Skuad Sementara Rep. Ceko

Kiper

Jindrich Stanek

Vitezslav Jaros

Matej Kovar

Belakang

Tomas Holes

David Zima

Jaroslav Zeleny

Ladislav Krejci

David Doudera

David Jurasek

Adam Gabriel

Robin Hranac

Tomas Vlcek

Tengah

Tomas Soucek

Antonin Barak

Michal Sadilek

Lukas Provod

Ondrej Lingr

Matej Jurasek

Pavel Sulc

Depan

Patrik Schick

Adam Hlozek

Mojmir Chytil

Tomas Chory

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat