sveosportu.com

Proliga 2024: Daftar Pemain Jakarta Electric PLN

Jakarta Electric PLN

- Jakarta Electric PLN atau Jakarta Elektrik PLN adalah tim voli putri tersukses dalam sejarah Proliga dengan raihan enam gelar juara dari 10 partai final yang dilakoni.

Namun, kiprah Jakarta Electric PLN belakangan menurun. Mereka selalu finis terbuncit dalam tiga penampilan terakhirnya di Proliga (2019, 2022, dan 2023).

Tim voli putri yang berdiri pada 2004 itu pun siap membuka lembaran baru dengan melakukan sejumlah perbaikan jelang menghadapi Proliga 2024.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah menghadirkan dua sosok middle blocker sarat pengalaman, yakni Yolla Yuliana dan Maya Kurnia Indri Sari. 

Pada musim lalu, Yolla Yuliana membela Jakarta Pertamina Fastron yang jadi runner up sedangkan Maya Kurnia Indri Sari tercatat memperkuat Jakarta Popsivo Polwan.

Yolla Yuliana pun bakal didapuk sebagai kapten tim voli putri Jakarta Electric PLN dalam gelaran Proliga 2024 mendatang.

Selain itu, Jakarta Electric PLN juga bakal diperkuat oleh Tisya Amallya Putri yang musim lalu memperkuat Jakarta BIN.

Tisya Amallya Putri merupakan setter andalan Timnas voli putri Indonesia yang kehadirannya diharapkan dapat memanjakan para hitter untuk mencetak poin.

Jakarta Electric PLN juga akan kembali diperkuat Nurlaili Kusumah Diningrat yang pernah dijuluki si bocah ajaib usai melakoni debut Proliga dalam usia 14 tahun pada musim 2018.

Nurlaili Kusumah Diningrat sebelumnya absen pada gelaran Proliga 2023 karena menjalani masa pendidikan sebagai anggota TNI AL.

Pada sisi lain, Jakarta Electric PLN juga sudah mendaftarkan dua pemain asing untuk mengarungi Proliga 2024. Mereka adalah Katerina Zhidkova dan Indre Sorokaite.

Katerina Zhidkova yang berasal dari Ukraina bukanlah sosok baru karena musim lalu sudah memperkuat Jakarta Electric PLN.

Sedangkan Indre Sorokaite adalah pevoli kelahiran Lithuania yang pernah membela timnas voli putri Italia dan meraih prestasi di berbagai ajang internasional.

Pevoli 35 tahun itu pernah dua kali menjuarai CEV Women's Champions League (2006–2007 dan 2008–2009) Volley Bergamo. 

Indre Sorokaite juga tercatat jadi bagian dari skuad Imoco Volley Congliano yang jadi kampiun FIVB Volleyball Women's Club World Championship 2019.

Sementara itu, Jakarta Electric PLN juga mendatangkan Chamnan Dokmai untuk mengisi posisi kepala pelatih.

Chamnan Dokmai sebelumnya dikenal sebagai asisten pelatih timnas voli putri Thailand dan sudah mencicipi atmosfer kompetisi Proliga sebagai kepala pelatih sejak 2018.

Ia bahkan langsung menuai kesuksesan pada tahun pertamanya dengan membawa tim voli putri Jakarta PGN Popsivo Polwan jadi juara Proliga 2018.

Usai lima musim membesut Popsivo Polwan, termasuk musim 2020 yang terhenti karena Covid-19, Chamnan Dokmai siap memulai petualangan baru bersama Jakarta Electric PLN.

Chamnan Dokmai pun datang ke Jakarta Electric PLN dengan membawa sejumlah staf kepelatihan dari Negeri Gajah Putih.

Berikut daftar pemain yang sudah didaftarkan Jakarta Electric PLN untuk kompetisi Proliga 2024:

NONAMAPOSISI
1Indre SorokaiteOpposite
2Septia RamadhaniOutside Hitter
3Faiska Dwi Permata RatriOutside Hitter
5Eris Septia WulandariLibero
11Katerina ZhidkovaOpposite
12Aisya Ayu Ristalia PutriOpposite
13Fitriyani NurjanahSetter
14Rissa Meiga RiantiMiddle Blocker
15Yolla Yuliana (kapten)Middle Blocker
16Wahida Muntaza ArifinLibero
17Maya Kurnia Indri SariMiddle Blocker
19Tisya Amallya PutriSetter
24Juhaidar Yus AiniOutside Hitter
29Putri Andya AgustinaMiddle Blocker
99Nurlaili Kusumah DiningratOutside Hitter

Kepala Pelatih: Chamnan Dokmai

Usai mendaftarkan 15 nama pemain untuk putaran pertama Proliga 2024, masing-masing tim masih punya kesempatan mengubah tiga nama hingga jelang putaran kedua dimulai.

Dari tiga jatah perubahan tersebut, dua di antaranya dialokasikan untuk pemain lokal sementara satu sisanya untuk pemain asing.

Jika jatah perubahan pemain asing tak dipakai maka sebuah tim bisa menggunakan slot tersebut untuk mengganti satu lagi pemain lokal. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat