sveosportu.com

Timnas Belanda Bakal Datang ke Indonesia Lagi

Ketum PSSI, Erick Thohir, dan Sekjen KNVB, Gijs de Jong. (Foto: Instagram Erick Thohir/Grafis: Yusuf/Skor.id)

- PSSI terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak internasional guna meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia. Teranyar, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, pihaknya sudah bersepakat untuk bekerja sama dalam beberapa program bersama Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB).

Hal itu diungkapkan Erick Thohir melalui akun Instagram pribadinya, Rabu (15/5/2024) malam WIB.

Bertemu Sekjen Federasi Sepak Bola Belanda atau KNVB, Gijs de Jong. Kami berdiskusi tentang rencana kerja sama beberapa program antara PSSI dan KNVB,” tulis Erick Thohir, dalam kapsi unggahannya tersebut.

Program pertama yang akan dilakukan kerja sama adalah terkait pembinaan untuk grassroots sepak bola Indonesia.

Selain itu, juga ada agenda untuk Timnas Indonesia beruji coba dengan Timnas Belanda.

“Kami sepakat mengagendakan kedatangan Timnas Belanda, mulai dari senior, junior, hingga Timnas perempuan,” tambah Erick Thohir.

“Mereka akan datang secara bergantian di setiap tahun serta membuat program yang bisa meningkatkan kualitas liga dari segi manajemen,” jelas lelaki yang juga Menteri BUMN tersebut.

Tentunya, ini menjadi kabar bagus untuk Timnas Indonesia karena bakal mendapatkan lawan level dunia. Mengingat, PSSI di bawah kepemimpinan Erick Thohir memang menargetkan Timnas Indonesia yang dilatih Shin Tae-yong bisa menembus 100 besar dunia.

Salah satu caranya adalah dengan mendatangkan tim-tim kuat dunia. Sebelumnya, sudah ada Argentina yang didatangkan pada 19 Juni 2023. Dalam laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, itu skuad Garuda kalah dengan skor 0-2 melawan tim yang baru saja meraih Piala Dunia 2022.

Sementara itu, jika terwujud, ini untuk kedua kalinya Timnas Belanda bakal beruji coba melawan Timnas Indonesia.

Mengingat, Timnas Belanda pernah menjalani pertandingan persahabatan internasional melawan Timnas Indonesia pada 7 Juni 2013 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Kala itu, Timnas Belanda yang dilatih Louis van Gaal berhasil menang telak 3-0.

Tiga gol kemenangan tim Oranye dicetak oleh Siem de Jong (dua gol) dan Arjen Robben.

Sedangkan bagi Timnas Putri Indonesia, ini juga akan menjadi pengalaman yang bagus. Pasalnya, Timnas Putri Belanda saat ini menempati posisi kedelapan FIFA.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat