sveosportu.com

PT LIB Beri Sosialisasi Implementasi VAR ke Bali United

Bali United.jpg

- PT Liga Indonesia Baru (LIB) kembali melakukan sosialisasi terhadap klub yang berhasil melaju ke babak Championship Series Liga 1 2023-2024.

Terkini, LIB menyambangi markas Bali United, karena tim berjuluk Serdadu Tridatu itu adalah tim ketiga yang berhasil lolos ke Championship Series.

Liga 1 2023-2024 diketahui telah merampungkan babak reguler, sehingga sudah dipastikan tim yang melaju ke fase empat besar atau Championship Series.

Selain Bali United, terdapat Borneo FC yang berstatus pemuncak klasemen Regular Series Liga 1 2023-2024, lalu Persib Bandung dan Madura United.

Dengan demikian, Bali United menjadi satu dari empat klub pertama di Indonesia yang akan merasakan bertanding dengan teknologi video assistant referee (VAR).

Namun, sebelum menggunakan VAR di babak empat besar nanti, pasukan Serdadu Tridatu terlebih dahulu mendapatkan sosialisasi implementasi VAR.

Acara sosialisasi VAR yang dilakukan LIB berlangsung di Bali United Training Centre di kawasan Pantai Purnama, Bali, pada Kamis (2/5/2024) siang.

Para personel klub mulai dari pemain, pelatih, hingga ofisial Bali United sangat antusias mengikuti program tersebut.

Para pelatih dan pemain Bali United saat mengikuti sosialisasi VAR dari PT LIB, Kamis (2/5/2024). (Dok. PT LIB)
Para anggota tim Bali United mengikuti sosialisasi implementasi VAR dari PT LIB sebelum tampil pada Championsip Series Liga 1 2023-2024 di Bali, 2 Mei 2024. (Dok. PT LIB)

"Sosialisasi yang diberikan cukup jelas. Mudah-mudahan saat dipakai nanti bisa berjalan dengan baik. Wasit juga manusia yang bisa salah," ujar Pelatih Bali United, Stefano Cugurra.

"Pemain dan pelatih juga bisa salah. Saya pikir dengan adanya VAR, saat ada kesalahan di lapangan bisa membantu mengoreksi," pelatih yang akrab disapa Teco itu menambahkan.

Sebagai terobosan baru dan menjaga kualitas pertandingan kompetisi kasta tertinggi di Indonesia, LIB menerapkan VAR mulai babak Championship Series Liga 1 2023-2024.

Namun sebelum digunakan di kompetisi resmi, pihak operator kompetisi terlebih dahulu menjalankan program sosialisasi ke klub-klub kontestan.

Termasuk Bali United, yang tujuannya agar seluruh perangkat yang ada di klub memahami aturan main mengenai penggunaan VAR dalam pertandingan nanti.

"Sebagai 'barang baru' di sepak bola Indonesia, tentu saja segala aspek harus dipersiapkan agar saat implementasi nanti berjalan lancar," ucap Direktur Operasional LIB, Asep Saputra

"Tak terkecuali pemain, pelatih, dan ofisial yang akan berhadapan langsung dengan VAR di lapangan," ia memungkasi, dari situs resmi LIB.

Sebagai informasi, jadwal pertandingan Championship Series Liga 1 2023-2024 belum dirilis karena disesuaikan dengan agenda Timnas U-23 Indonesia.

Setelah kekalahan Garuda Muda di perebutan peringkat ketiga Piala Asia 2024, artinya Championship Series Liga 1 2023-2024 akan dimulai pada 14 Mei mendatang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat