sveosportu.com

Liga 1 2024-2025 Dibuka Persib vs PSBS pada 9 Agustus 2024

pt liga indonesia baru

- PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku federasi dan operator kompetisi resmi menetapkan Liga 1 2024-2025 akan mulai bergulir 9 Agustus 2024.

PSSI dan PT LIB baru saja menggelar rapat untuk memfinalisasi jadwal Liga Indonesia selama tiga musim ke depan, yang salah satunya level tertinggi Liga 1 2024-2025.

Di dalamnya termasuk pengaturan waktu pertandingan, terutama Liga 1 2024-2025 agar jadwalnya tidak berbenturan dengan agenda berlaga Timnas Indonesia.

Adapun sebagai duel pembuka, bakal mempertemukan juara Liga 1 2023-2024 dengan kampiun Liga 2 2023-2024 yakni Persib Bandung menghadapi PSBS Biak.

"Kick-off Liga 1 musim 2024-2025 akan digelar di Bandung antara Persib melawan PSBS Biak pada 9 Agustus 2024," ujar Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus pada sesi jumpa pers usai pertemuan di Menara Danareksa, Jakarta, Kamis (20/6/2024).

"PT LIB diminta menjelaskan beberapa program liga ke depan, sinkronisasi timnas, jadwal timnas, kick-off liga. Kami akan buat dan melanjutkan regulasi klub lisensi yang beberapa waktu lalu sudah kami sampaikan."

"Dari jadwal yang disusun dan beberapa kali sudah berinteraksi dan meminta petunjuk PSSI, sudah difinalisasi bahwa jadwal Liga 1 ke depan sinkron dengan agenda Timnas Indonesia," ia menjabarkan.

Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus (tengah) bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir (berjas) dan Sekjen PSSI Yunus Nusi usai melakukan pertemuan di Jakarta, 20 Juni 2024. (Yogie Gandayana/)
Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus (tengah) bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir (berjas) dan Sekjen PSSI Yunus Nusi usai melakukan pertemuan di Jakarta, 20 Juni 2024. (Yogie Gandayana/)

Sementara itu Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan Liga 1 sebagai kompetisi kasta tertinggi di Indonesia kini sudah berkesinambungan dengan jadwal Timnas Indonesia.

Artinya, ketika ada agenda Timnas Indonesia sesuai kalender FIFA atau pertandingan international, sudah dipastikan Liga 1 akan berhenti atau tidak ada jadwal berlaga.

"Setelah diskusi panjang dan meeting berkali-kali, PT LIB dan PSSI untuk memastikan kalender selama tiga tahun ke depan sudah tidak ada perubahan lagi," kata Erick Thohir.

"Ada slot kompetisi yang dihormati dan juga slot Timnas Indonesia. Kami akan atur. Misalnya ketika Timnas Indonesia bermain di putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia," ia menambahkan.

Sebagai informasi, menindaklanjuti keputusan Kongres Biasa PSSI 2024 pada 10 Juni lalu, PSSI dan PT LIB memberikan keterangan terkait agenda Timnas Indonesia dan Liga Indonesia.

Pada pertemuan terkini kedua pihak, PSSI dihadiri oleh Erick Thohir yang didampingi anggota Komite Eksekutif (Exco) Arya Sinulingga dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Yunus Nusi.

Sedangkan dari PT LIB diwakili langsung Direktur Utama Ferry Paulus dan Direktur Operasional Asep Saputra. Serta hadir pula , Ketua Badan Tim Nasional Indonesia, Sumardji.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat