sveosportu.com

Nova Ingatkan Pemain Timnas U-16 untuk Tidak Cepat Puas

Nova Arianto sebagai pelatih Timnas U-16 Indonesia. (Yusuf/Skor.id)

- Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Nova Arianto, mengingatkan para pemainnya untuk tidak cepat puas dengan apa yang mereka raih di ASEAN U-16 Championship 2024.

Seperti diketahui, Timnas U-16 Indonesia meraih peringkat ketiga ASEAN U-16 Championship 2024, setelah mengalahkan Vietnam U-16 dengan skor telak 5-0, di Stadion Manahan, Solo, Rabu (03/07/2024).

Nova Arianto menuturkan, kemenangan ini tidak didapat dengan mudah oleh timnya.

“Pastinya bukan pertandingan yang mudah buat Timnas U-16. Sekali lagi, secara kondisi dan recovery satu hari, pemain tidak bisa maksimal. Kita bisa lihat di awal-awal kondisi pemain sangat berat. Tapi saya bersyukur, pemain bisa melakukan yang terbaik sesuai dengan apa yang kita persiapkan di latihan,” kata Nova Arianto, dalam jumpa pers setelah pertandingan. 

“Sekali lagi saya bersyukur, saya berterima kasih sama pemain saya yang bekerja sangat luar biasa pada hari ini sehingga kita bisa meraih kemenangan. Tapi saya berpesan agar euforia ini tidak terlalu berlebihan karena sekali lagi tujuan mereka ini ke depannya adalah sebagai pemain Timnas senior dan jalan menuju ke sana masih panjang.” 

“Jadi jangan sampai cepat berpuas diri dengan hasil ini, karena sekali lagi ini baru awal bagi mereka agar ke depannya mereka bisa menjadi pemain Timnas masa depan. Hari ini oke kita bisa bereuforia, tapi besok kita mulai dari nol lagi kita akan persiapan lagi untuk Kualifikasi AFC di Kuwait,” tambah eks bek Timnas Indonesia tersebut.

Memang, setelah ini, Timnas U-16 Indonesia langsung menatap Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Pada ajang tersebut, skuad Garuda Muda tergabung di Grup G bersama Australia, Kuwait, dan Kepulauan Mariana Utara.

Seluruh laga Grup G akan dimainkan di Kuwait pada 23-27 Oktober 2024. Nantinya, hanya juara masing-masing grup dan lima runner-up terbaik dari babak kualifikasi yang berhak lolos ke Piala Asia U-17 2025 di Qatar.

Nova pun tidak menampik bakal melakukan lagi pencarian pemain untuk ajang tersebut guna menambah kekuatan tim. 

Lebih lanjut, eks bek Persib Bandung ini juga mengakui bahwa banyak pelajaran yang didapatkan para pemainnya selama ASEAN U-16 Championship 2024.

“Pastinya banyak pelajaran yang didapat bagi pemain, karena kita harus bisa mengontrok pertandingan, mengatur ritme pertandingan, kesalahan-kesalahan individu yang harusnya tidak perlu jadi pelajaran bagi mereka. Karena Timnas U-16 ini pemain-pemainnya baru, belum pernah bertanding internasional, pertama kali menggunakan seragam Garuda. Pastinya tidak mudah buat pemain,” katanya.

“Tapi saya bersyukur pemain bisa enjoy, bisa menikmati setiap pertandingan yang kita jalani dari pertandingan awal kita lawan Singapura sampai terakhir lawan Vietnam, pemain menunjukkan progres yang luar biasa. Tapi ini bukan menjadi akhir, saya minta pemain lebih fokus lagi agar pas Kualifikasi Piala Asia U-17 bisa lebih baik lagi,” jelas Nova Arianto.

Sementara itu, pemain sayap Timnas U-16 Indonesia, Zahaby Gholy, yang mencetak dua gol bersyukur bisa mengantarkan timnya menang atas Vietnam U-16. Dia pun terpilih menjadi Man of the Match dalam laga ini.

“Alhamdulillah hasilnya baik, dan saya tidak menyangka bisa menjadi Man of the Match. Buat teman-teman semuanya mohon maaf belum bisa menjadi juara satu, alhamdulillah kami bisa mendapatkan peringkat ketiga. Semoga di Piala Asia kami semua bisa mendapatkan juara satu,” ujar Gholy, yang juga tidak menyangka bisa mencapai hingga ke titik ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat