sveosportu.com

Rapor Bali United di Reguler Series Liga 1 2023-2024

Bali United.jpg

- Finis di peringkat ketiga fase reguler, Bali United berhak melaju ke babak final four, alias Championship Series Liga 1 2023-2024.

Pencapaian ini bukan kebetulan, tapi berkat daya juang dan semangat pantang menyerah para pemain asuhan Stefano Cugurra.

Bukti nyatanya adalah raihan poin terbanyak yang mereka torehkan dari posisi tertinggal. Ya, Bali United merupakan spesialis comeback di Liga 1 2023-2024.

Ilija Spasojevic mampu meraup 18 poin dari situasi tak menguntungkan, tak ada tim lain yang bisa melebihi angka tersebut.

Contoh terkini ada di pekan ke-32, 20 April lalu, ketika melawan Bhayangkara FC. 

Kebobolan oleh Anderson Salles pada menit ke-72, mereka sukses membalikkan keadaan di pengujung laga lewat M Rahmat (88') dan Privat Mbarga (90').

Tak cuma sekali, tapi Bali United melakukan dalam beberapa kesempatan, mengubah situasi terjepit menjadi poin penuh.

Inilah modal yang bisa dibawa tim asuhan Stefano Cugurra bertarung di Championship Series Liga 1 2023-2024.

Secara keseluruhan, rapor Bali United memang apik di fase reguler musim ini. Mereka adalah tim dengan jumlah kemenangan kedua terbanyak (17), hanya kalah dari pemuncak klasemen Borneo FC (21).

Kemudian dari sisi individu, Adilson Maringa bisa menjadi kunci. Aksinya di bawah mistar gawang kerap menjadi pembeda.

Faktanya, Adilson Maringa adalah kiper asing dengan clean sheet paling banyak musim ini (9). Dia juga pemain dengan jumlah penyelamatan terbanyak kedua (129). 

Memiliki penjaga gawang mumpuni, para penyerang macam Jefferson Assis (11 gol), Ilija Spasojevic (8), dan Privat Mbarga (7) bisa fokus mengibrak-abrik pertahanan lawan.

Bali United akan bertemu Persib Bandung di semifinal Championship Series Liga 1 2023-2024.

Pertemuan pertama dihelat di Stadion Kapten I Wayan Dipta, 14 Mei mendatang, lalu dilanjut ke Stadion Si Jalak Harupat, empat hari berselang.

Berikut sederet fakta menarik Bali United sepanjang reguler series Liga 1 2023-2024:

1. Bali United mencetak gol terbanyak dari pemain pengganti musim ini (17). Ilija Spasojevic dan Jefferson Assis berstatus supersub paling subur musim ini (5 gol).

2. Adilson Maringa (Bali United) gagal selalu bermain penuh di Liga 1 musim ini (33 pertandingan) setelah ‘membiarkan’ rekannya M. Ridho turun di pertandingan pamungkas seri reguler.

3. Adilson Maringa (Bali United) tercatat sebagai kiper asing dengan clean sheet terbanyak musim ini (9).

4. Bali United adalah salah satu tim terbanyak dihukum penalti musim ini (9). Ini menegaskan status mereka sebagai tim paling sering kena penalti di era Liga 1 (43).

5. Bali United merupakan tim paling sering menggagalkan penalti lawan sepanjang sejarah Liga 1 (14). Adilson Maringa (Bali United) menjadi salah satu kiper dengan penyelamatan penalti terbanyak musim ini (2).

6. Eber Bessa (Bali United) merupakan pemberi assist terbanyak ketiga dalam tiga musim terakhir Liga 1 (23).

7. Ilija Spasojevic (Bali United) turun ke urutan kedua dalam daftar topskor sepanjang masa Liga 1 (85 gol) - tak termasuk gol ke gawang Mitra Kukar di musim 2017.

8. Ilija Spasojevic (Bali United) merupakan satu-satunya pemain yang mencetak gol gawang setiap lawan yang dia hadapi di era Liga 1 (29 tim).

9. Bali United merupakan salah satu spesialis comeback musim ini, usai meraup poin terbanyak walau tertinggal lebih dahulu (18).

10. Bali United merupakan tim terbrutal kedua musim ini (6 kartu merah). Faktanya, mereka adalah pengoleksi kartu merah terbanyak sepanjang sejarah Liga 1 (28).

11. Jajang Mulyana dan Luthfi Kamal merupakan dua pemain Bali United yang paling sering diusir wasit musim ini (2 kartu merah). Tapi, satu kartu merah Luthfi Kamal diterima saat masih membela PSIS Semarang pada putaran pertama.

12. Bali United bisa dikatakan sebagai tim paling apes di Liga 1 musim ini (15 tembakan membentur mistar).

13. Elias Dolah (Bali United) merupakan pemain dengan duel udara sukses terbanyak ketiga musim ini (48).

14. Bali United adalah raja offside kedua di Liga 1 musim ini (79).

15. Bali United merupakan tim yang melakukan penyelamatan terbanyak kedua musim ini (130). Tak heran Adilson Maringa menjadi pemain terbanyak kedua melakukan penyelamatan musim ini (129).

16. Bali United merupakan raja crossing ketiga musim ini (174 umpan silang sukses).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat