sveosportu.com

Rapor Madura United di Reguler Series Liga 1 2023-2024

Madura United.jpg

- Tak ada peluang juara Liga 1 paling besar bagi Madura United selain musim ini.

Tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab tersebut tinggal dua langkah lagi untuk merengkuh gelar perdana dalam sejarah mereka.

Itu setelah Madura United lolos ke Championship Series Liga 1 2023-2024. Pasukan Mauricio Souza memastikan tiket pada pekan pamungkas fase reguler dan finis di peringkat keempat.

Koleksi 55 poin dari 34 pertandingan sudah cukup menyisihkan para rival macam Dewa United, PSIS Semarang, dan Persis Solo.

Salah satu rahasia keberhasilan Madura United adalah performa kandang mereka yang impresif. 

Terutama dalam tujuh penampilan terakhir di hadapan penggemar, Hugo Gomes dan kawan-kawan tak pernah kalah. Selama periode itu, mereka mencatatkan empat kemenangan dan tiga imbang.

Secara keseluruhan, aksi para pemain Madura United di markas sendiri memang lumayan. Sepanjang reguler series, mereka hanya empat kali kalah dari 17 laga kandang.

Mengingat Championship Series Liga 1 2023-2024 bakal menggunakan format home-away, baik semifinal maupun final, rapor ini bisa dijadikan modal.

Lalu, dari komposisi skuad Madura United juga sangat merata antara bintang asing dan talenta lokal.

Lucas Frigeri, kiper asal Brasil, merupakan salah satu pengoleksi clean sheet terbanyak di Liga 1 2023-2024 (6), meski baru datang pada paruh kedua kompetisi.

Kompatriotnya, Cleberson, juga punya statistik apik dalam bertahan, masuk jajaran teratas di kategori sapuan (172), intersep (126), dan duel udara sukses (48.)

Sementara, di lini serang, Malik Risaldi muncul sebagai salah satu protagonis lewat kontribusi 11 gol dan empat assist. Keterlibatan golnya bersama Madura United di Liga 1 2023-2024 hanya kalah dari Francisco Rivera (9 gol, 9 assist).

Itu belum menghitung Hugo Gomes, alias Jaja, yang menyumbang delapan gol plus enam assist.

Berbekal momentum dan materi skuad mumpuni, wajar jika suporter Madura United berharap besar kepada tim kesayangan mereka di championship series.

Laskar Sapeh Kerrab akan berhadapan dengan Borneo FC di semifinal. Duel pertama di Stadion Gelora Bangkalan pada 15 Mei, lalu pindah ke Stadion Batakan, empat hari kemudian.

Berikut sederet fakta menarik Madura United sepanjang reguler series Liga 1 2023-2024:

1. Madura United tak terkalahkan di kandang dalam tujuh laga terakhir (4 Menang, 3 Imbang).

2. Lucas Frigeri (Madura United) merupakan kiper asing dengan clean sheet terbanyak ketiga musim ini (6). Padahal, sosok asal Brasil itu baru gabung pada pertengahan musim.

3. Francisco Rivera (Madura United) merupakan raja assist kedua di Liga 1 musim ini (13).

4. Hugo Gomes (Madura United) merupakan pencetak gol terbanyak kedua bagi Laskar Sapeh Kerrab di era Liga 1 (24).

5. Malik Risaldi (Madura United) merupakan kontributor gol terbanyak kedua musim ini berkat catatan 11 gol dan empat assist (15 keterlibatan gol).

6. Malik Risaldi (Madura United) juga menyamai catatan Stefano Lilipaly (Borneo FC) sebagai pemain lokal tersubur musim ini (11 gol).

7. Madura United merupakan salah satu spesialis comeback musim ini usai meraup poin terbanyak walau tertinggal lebih dahulu (18 poin, setara Bali United).

8. Madura United merupakan klub terbanyak ketiga dihukum penalti di era Liga 1 (36).

9. Francisco Rivera (Madura United) menjadi salah satu pemain paling sial musim ini (5 tembakan membentur mistar).

10. Cleberson Martins (Madura United) merupakan jago passing kedua musim ini (1.411 umpan sukses, atau setara 42,64 umpan sukses per laga).

11. Cleberson Martins (Madura United) juga merupakan raja sapuan musim ini (172). Bek asal Brasil itu juga tercatat pula sebagai pemain dengan intersep terbanyak ketiga (126).

12. Cleberson Martins (Madura United) adalah pemain dengan duel udara sukses ketiga di musim ini (48).

13. Francisco Rivera (Madura United) merupakan pemain terbanyak kedua menciptakan peluang musim ini (66).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat