sveosportu.com

Kontrasnya Catatan Pratama Arhan dengan Asnawi Mangkualam

Rapor pemain Indonesia yang berkiprah di luar negeri, lebih tepatnya di kompetisi negara Asia. (Hendy AS/Skor.id)

- Para pemain berpaspor Indonesia yang berkarier di luar negeri pada negara Asia, melanjutkan kiprah di periode pekan terakhir Mei 2024.

Yakni terdapat Asnawi Mangkualam dan Yanto Basna di Thailand, Jordi Amat dan Saddil Ramdani di Malaysia, Pratama Arhan di Korea Selatan.

Kemudian ada Justin Hubner di Jepang dan Nurhidayat Haji Haris di Filipina, yang masing-masing memiliki catatan tersendiri bersama klubnya.

Berikut ini menyajikan rapor singkat para pemain Indonesia di kompetisi negara Asia pada sepekan ini atau periode pekan terakhir Mei 2024:

Thailand

Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam menjalani pertandingan sejak awal saat Port FC Menjamu Nakhon Pathom United, Minggu (26/5/2024).

Pada duel pamungkas (pekan 30) kompetisi kasta teratas Thai League 1 2023-2024 di Stadion PAT, Bangkok, ia bermain penuh dan terlibat pada pesta gol tim.

Port FC berhasil meraih kemenangan 6-0. Asnawi Mangkualam menyumbang satu assist untuk gol kelima yang diciptakan Thanasit Siriphala di menit ke-86.

Pada pertandingan lainnya di hari yang sama, Yanto Basna hanya jadi penghangat bangku cadangan PT Prachuap FC saat bertandang menghadapi Ratchaburi FC.

Bertempat di Stadion Dragon Solar Park, Ratchaburi, PT Prachuap FC mengalami kekalahan 0-3 yang memutus catatan lima laga tak terkalahkan sebelumnya.

asnawi mangkualam - port fc
Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, dengan seragam Port FC yang berkompetisi di Thai League 1. (Jovi Arnanda/)

Malaysia

Jordi Amat tampil sejak awal dan tidak tergantikan saat Johor Darul Takzim menjalani laga pekan ketiga Liga Super Malaysia 2024-2025, Sabtu (25/5/2024).

Bertandang menghadapi Kuala Lumpur City FC di Stadion Sepak Bola Kuala Lumpur, Kuala Lumpur, mereka berhasil mencatatkan kemenangan besar 5-1.

Pada pertandingan lainnya di hari yang sama, Saddil Ramdani juga tampil starter dan bertahan hingga akhir duel ketika Sabah FC menjamu Kuching City FA.

Bertempat di Stadion Likas, Kota Kinabalu, kemenangan 2-1 berhasil mereka catatkan setelah sempat dikejutkan karena tertinggal lebih dulu atas tamunya.

Korea Selatan

Bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan akhirnya mencatatkan debutnya bersama Suwon FC di kompetisi kasta tertinggi K League 1 2024, Minggu (26/5/2024).

Alih-alih menjadi catatan manis, yang terjadi malah sebaliknya. Bertandang lawan Jeju United di Stadion Piala Dunia Jeju, Seogwipo, penampilannya sangat singkat.

Dalam laga pekan ke-14, Pratama Arhan yang masuk sebagai pengganti di menit ke-73 mendapat kartu merah langsung pada menit ke-76 dan timnya kalah 0-1.

pratama arhan - suwon fc
Bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan, dengan seragam Suwon FC yang berkompetisi di K League 1. (Dede Sopatal Mauladi/)

Jepang

Justin Hubner tidak ada dalam daftar susunan pemain (DSP) Cerezo Osaka pada laga pekan ke-16 kompetisi kasta tertinggi J1 League 2024, Minggu (26/5/2024).

Menjamu Sanfrecce Hiroshima di Stadion Yodoko Sakura, Osaka, ia harus absen karena sanksi kartu merah sebelumnya. Pertandingan itu berakhir imbang 1-1.

Filipina

Nurhidayat Haji Haris kembali menjadi andalan utama United City FC ketika menjalani laga ketujuhnya di kasta teratas Liga Filipina 2024, Sabtu (25/5/2024).

Tepatnya bertandang menghadapi Dynamic Herb Cebu di Dynamic Herb-borromeo Sports Complex, Talisay, mereka akhirnya mengalami kekalahan 1-2.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat