sveosportu.com

Rapor Pemain Indonesia di Eropa: Empat Nama Starter

pemain indonesia di eropa

- Para pemain berpaspor Indonesia yang berkarier di luar negeri khususnya negara Eropa, melanjutkan kiprahnya pada pekan kedua Mei 2024.

Terdapat lima pemain yang berkompetisi di Belanda yakni Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Lalu tiga di Belgia yaitu Sandy Walsh, Shayne Pattynama, dan Marselino Ferdinan. Kemudian Elkan Baggott di Inggris, serta di Italia ada Jay Idzes.

Berikut menyajikan rapor singkat para pemain Timnas Indonesia itu di kompetisi negara Eropa pada pekan kedua Mei 2024:

Belanda

Thom Haye dipercaya menjadi starter SC Heerenveen dalam laga pekan ke-33 Eredivisie 2023-2024 melawan Vitesse Arnhem, Minggu (12/5/2024) malam WIB.

Sayangnya pada laga ini, SC Heerenveen harus mengakui kehebatan lawannya Vitesse Arnhem, kalah dengan skor 1-3.

Thom Haye pada laga ini hanya main 68 menit, sebelum digantikan Simon Olsson.

Adapun Nathan Tjoe-A-On yang berada satu tim bersama Thom Haye, belum masuk dalam daftar skuad SC Heerenveen.

Nathan Tjoe-A-On sepertinya masih diberi libur setelah membela Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U-23 2024.

Kondisi yang sama juga dirasakan Ivar Jenner (Jong Utrecht) dan Rafael Struick (ADO Den Haag).

Kedua pemain ini masih belum bergabung bersama klubnya untuk bertanding di kompetisi kasta kedua, Eerste Divisie 2023-2024, karena harus beristirahat setelah perjalanan panjang bersama skuad Garuda Muda di Piala Asia U-23 2024.

Selanjutnya, Ragnar Oratmangoen hanya duduk di bangku cadangan Fortuna Sittard pada lanjutan laga Eredivisie 2023-2024, Minggu (12/5/2024).

Bertanding di Stadion Offermans Joosten, Fortuna Sittard harus puas berbagi poin dengan PSV karena laga berkesudahan imbang 1-1.

Belgia

Shayne Pattynama - KAS Eupen
Bek Timnas Indonesia, Shayne Pattynama, kini merumput bersama KAS Eupen di kasta tertinggi Liga Belgia. (Foto: Instagram KAS Eupen/Grafis: Rahmat Ari Hidayat/)

Shayne Pattynama menutup musim dengan hasil positif bersama klubnya, KAS Eupen, di kasta elite Liga Belgia.

Bermain sejak awal laga, Shayne Pattynama membantu KAS Eupen menang 2-0 atas RWD Molenbeek pada laga pamungkas play-off degradasi Belgian Pro League 2023-2024, Sabtu (11/5/2024).

Di pertandingan ini, Shayne Pattynama main selama 75 menit, sebelum digantikan oleh Andrea Piron.

Kemudian, Sandy Walsh juga mendapat kesempatan bermain starter bersama timnya KV Mechelen pada lanjutan Belgian Pro League 2023-2024.

Bermain di markas STVV, KV Mechelen menelan kekalahan 1-2, Minggu (12/5/2024).

Sandy Walsh dipercaya bermain selama 46 menit, sebelum digantikan oleh Boli Bolingoli.

Lalu pada Challenger Pro League 2023-2024, Marselino Ferdinan belum membela KMSK Deinze karena masih istirahat setelah menjadi bagian dari Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U-23 2024.

Jay Idzes. (Yusuf/)
Bek berpaspor Indonesia yang membela klub Serie B Italia, Venezia, Jay Idzes. (Yusuf/)

Italia

Jay Idzes berhasil mencetak gol pada laga terakhir Venezia FC di Serie B 2023-2024. Namun sayang, ia belum bisa membawa timnya untuk otomatis promosi ke Serie A Italia musim depan.

Walaupun Jay Idzes mampu menyumbang gol, Venezia FC harus mengakui kehebatan tuan rumah Spezia  dengan skor 1-2 di Stadion Alberto Picco, Sabtu (11/5/2024) dini hari WIB.

Sebagai informasi, bek Timnas Indonesia itu mencetak gol pembuka pada menit ke-17. Pada laga ini ia digantikan oleh Mikael Egill Ellertsson setelah bermain selama 84 menit.

Inggris

Elkan Baggott tidak berlaga karena tim pemilik ataupun tim yang meminjam jasanya, Ipswich Town ataupun Bristol City, sama-sama tidak ada pertandingan karena kompetisi musim ini sudah berakhir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat