sveosportu.com

Rapor Pemain Indonesia di Eropa, Pekan Keempat Mei 2024

pemain indonesia di eropa

- Para pemain Indonesia yang berkarier di kompetisi Eropa sudah menyelesaikan musim, kecuali satu nama.

Dia adalah Jay Idzes, bek andalan Venezia FC di Serie B. Palang pintu 23 tahun itu masih harus membantu timnya promosi ke kasta tertinggi Liga Italia.

Sisanya, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Ivar Jenner, Rafael Struick, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Marselino Ferdinan, Nathan Tjoe-A-On, hingga Elkan Baggott tak lagi punya tugas di level klub.

Berikut kami hadirkan update singkat mengenai pemain-pemain tersebut:

Belanda

Ada lima pemain Timnas Indonesia yang merumput di Belanda, yakni Thom Haye dan Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen), Ragnar Oratmangoen (Fortuna Sittard), Ivar Jenner (Jong Utrecht), serta Rafael Struick (ADO Den Haag).

Semua sudah tak lagi merumput, dan kini berada di tanah air untuk memperkuat Timnas Indonesia jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Irak dan Filipina.

Para pemain ini bahkan sudah merumput bersama Tim Garuda saat diimbangi Tanzania dalam uji coba internasional di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (2/6/2024) lalu.

Sedikit update soal klub, Thom Haye akan segera meninggalkan SC Heerenveen karena kontraknya habis pada pengujung Juni 2024, sementara Nathan Tjoe-A-On (Swansea City) dan Ragnar Oratmangoen (FC Groningen) bakal balik ke klub induk masing-masing.

Belgia

Sama seperti kompatriot mereka di Liga Belanda, Sandy Walsh (KV Mechelen), Shayne Pattynama (KAS Eupen), dan Marselino Ferdinan (KMSK Deinze) juga tak punya agenda klub.

Trio ini juga sudah tampil bersama Timnas Indonesia kontra Tanzania, yang berakhir dengan skor 0-0.

Adapun soal kontrak, Sandy Walsh masih terikat di KV Mechelen hingga Juni 2025, Shayne Pattynama juga punya kerja sama dengan KAS Eupen sampai Juni 2026.

Hanya Marselino Ferdinan yang masa depannya belum jelas, karena masa bakti di KMSK Deinze pungkas akhir Juni 2024. 

Inggris

Salah satu pemain Timnas Indonesia yang paling hangat dibicarakan belakangan ini adalah Elkan Baggott.

Dia ditenggarai berselisih paham dengan pelatih Shin Tae-yong, yang menyebabkan dirinya tersisih dari skuad Garuda.

Ini karena Elkan sudah menyelesaikan musim di Bristol Rovers, kembali ke Ipswich Town, tapi menampik panggilan Timnas U-23 Indonesia pada laga play-off Olimpiade 2024 .

Hanya Elkan dan sang pelatih yang tahu problem sebenarnya, tapi saat ini bek jangkung itu sedang menikmati libur akhir musim bersama keluarga dan pasangannya.

Elkan Baggott tak masuk Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Irak (6 Juni) dan Filipina (11 Juni). 

Italia

Jay Idzes menjadi satu-satunya pemain Timnas Indonesia yang masih berjuang di kompetisi Eropa, dan usahanya berbuah manis.

Dia tampil dalam dua laga final play-off promosi Serie B 2023-2024 bersama Venezia FC, dan mampu mengamankan kemenangan agregat atas Cremonese.

Pada duel pertama, Kamis (30/5/2024), Jay Idzes main 87 menit dalam hasil imbang 0-0 di kandang Cremonese. 

Lalu, saat partai penentuan di Stadion Pier Luigi Penzo, Minggu (2/6/2024), dia tampil penuh dan ikut membantu I Lagunari menang tipis 1-0.

Dengan demikian, Venezia FC berhak mendampingi Parma dan Como ke Serie A musim depan. Jay Idzes pun berpeluang menjadi pemain Indonesia pertama yang merumput di kasta elite Italia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat