sveosportu.com

Ratu Voli Korea Pensiun, Megawati Beri Pesan Menyentuh

Kim Yeon-koung dan Megawati Hangestri Pertiwi

Kim Yeon-koung menjalani penampilan final memakai jersey Tim Nasional Korea Selatan akhir pekan lalu. Event bertajuk KYK Invitational itu menandai berakhirnya era sang Ratu Voli Negeri Ginseng.

Serangkaian pertandingan ekshibisi bertabur bintang diselenggarakan di Jamsil Arena, Seoul, sebagai tribute atau penghormatan kepada Kim. 

KYK Invitational menampilkan dua tim All-Star Korea Selatan saling berhadapan usai seremoni resmi pada Sabtu (8/6/2024). Lalu giliran skuad All-Star V League bertemu dengan Team World, Minggu (9/6/2024).

Kim Yeon-koung, yang kini berusia 36 tahun, bergabung dengan timnas voli putri Korea untuk kali pertama pada 2004. Ia sebenarnya telah mundur dari pelatnas setelah Olimpiade Tokyo yang digelar 2021.

Namun, acara perpisahannya harus tertunda akibat pandemi global Covid-19 dan baru bisa dilakukan Juni 2024. Lebih dari 6.000 fans hadir menyaksikan Kim bermain untuk kali terakhir dengan seragam timnas.

“Saya mengenakan bendera nasional di seragam saya selama bertahun-tahun. Saya bersyukur bisa berbagi seremoni pensiun ini dengan Anda semua,” ujar Kim seperti dikutip dari The Donga Ilbo.

“Tanpa kalian semua dan para pemain, bola voli putri tidak akan mendapatkan banyak perhatian. Saya menangis saat membicarakannya. Saya sangat berterima kasih,” lanjutnya seraya menghapus air mata.

Presiden Federasi Bola Voli Internasional (FIVB) Ary Graca juga menyampaikan pesan dan kesannya untuk Kim Yeon-koung melalui rekaman video yang diputar di venue.   

“Dia adalah salah satu pemain terhebat dalam sejarah voli dan sosok anutan bagi jutaan orang di seluruh dunia. Semua (fans) akan sedih melihat Kim Yeon-koung pensiun dari tim nasional Korea,” kata Graca. 

“Mereka juga akan sangat merindukan energi dan dedikasinya. Saya yakin dia bakal terus menjadi inspirasi bagi banyak orang di manapun.”    

Tidak ketinggalan para kolega, termasuk bintang voli Indonesia yang sempat menjadi rivalnya di V League 2023-2024, Megawati Hangestri Pertiwi, memberikan penghormatan kepada Kim Yeon-koung.

Lewat akun Instagram-nya, Megawati mengunggah foto bersama Kim. Dalam keterangannya, pevoli timnas Indonesia itu berterima kasih atas inspirasi dan mendoakan yang terbaik untuk idola setelah pensiun.

“Dear Kim eonni, terima kasih telah menjadi orang yang berpengaruh bagi saya untuk bermain voli, terima kasih sudah menjadi motivasi bagi banyak orang, terutama saya,” tulis Megawati. 

Terima kasih atas kerja keras dan semangat Anda selama ini, saya sangat bangga bisa bertemu dan bermain voli bersama Anda. Selamat pensiun dan semoga hari-hari Anda selalu bahagia.”

Megawati Hangestri memperkuat Jung Kwan Jang Red Spark dalam V League musim lalu, di mana ia telah berhadapan dengan Kim Yeon-koung yang bermain untuk Incheon Pink Spiders. 

Pevoli berjulukan Megatron tersebut kini tengah tampil di Proliga 2024 bersama Jakarta BIN. Sang atlet akan meramaikan V League lagi musim depan usai memperpanjang kontrak dengan Red Sparks, April lalu. 

Di sisi lain, kendati sudah resmi pensiun dari timnas, Kim Yeon-koung tetap akan aktif bermain voli di level klub. Saat ini, ia masih memperkuat Pink Spiders di V League.     

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat