sveosportu.com

Jr. NBA Indonesia Week Perdana Digelar Tahun Ini

Ilustrasi Bola Basket

– Program Jr. NBA kembali terselenggara di Indonesia tahun ini. Terhitung program pembinaan global NBA yang bertujuan memperkenalkan olahraga basket dan gaya hidup aktif ini, telah hadir di Tanah Air selama satu dekade terakhir.

Sebanyak 100 klinik di sekolah dasar (SD), menengah (SMP), dan menengah atas (SMA) di seluruh Bogor, Jakarta, dan Tangerang dihadirkan dalam program Jr. NBA Indonesia kali ini mulai 22 April hingga 17 Mei 2024.

Menyasar anak-anak serta remaja, klinik-klinik yang tersebar hadir untuk mengajarkan keterampilan dasar dan nilai-nilai dari inti program yaitu Sportsmanship atau sportivitas, Teamwork atau kerja sama tim, Positive Attitude atau sikap yang positif, dan Respect atau respek (S.T.A.R). 

Program Jr. NBA Indonesia tahun ini juga menggelar turnamen 3v3 dengan kategori untuk pemuda-pemudi mulai dari SD, SMP, dan SMA. 

Turnamen 3v3 Jr. NBA Indonesia akan dimulai dengan turnamen penyisihan di Jakarta (4-5 Mei), Bogor (11-12 Mei), dan Tangerang (18-19 Mei).

Nantinya, tim-tim terbaik dari setiap kategori akan maju ke babak penyisihan dan final pada 1-2 Juni di Jakarta.

Puncak program ini akan berada di penyelenggaraan Jr. NBA Indonesia Week untuk kali pertama pada 29 Mei hingga 2 Juni 2024. 

Acara selebrasi yang akan dilaksanakan selama seminggu penuh di Jakarta ini akan mencakup final turnamen 3v3 Jr. NBA Indonesia serta youth clinics yang diselenggarakan oleh NBA Cares dan Her Time to Play. 

Her Time to Play adalah inisiatif NBA dan WNBA untuk memberikan kesempatan bagi perempuan pada usia remaja dan pemuda untuk bermain basket dan mengejar karier di bidang kepelatihan dan kepemimpinan atletik.

“Kami sangat senang dapat merayakan satu dekade Jr. NBA di Indonesia dengan program yang lebih luas cakupannya dan akan menjangkau puluhan ribu anak pemuda-pemudi Indonesia, dan berpuncak pada Jr. NBA Indonesia Week untuk pertama kalinya,” ujar Natalia Andre, NBA Asia Basketball Operations. 

Jr. NBA Indonesia menekankan komitmen kami untuk mengembangkan olahraga basket di tingkat pemula, dan kami berharap dapat membantu generasi pemain Indonesia berikutnya dalam mengembangkan kemampuan dirinya di lapangan sambil mempelajari nilai-nilai inti dari permainan ini.”

Foto 1 - NBA Mengumumkan Ekspansi Program Jr. NBA di Indonesia yang akan Menjangkau Lebih dari 50.000 Anak Muda di Seluruh Indonesia.jpg
Penyelenggaraan program Jr. NBA di salah satu sekolah di Indonesia. (Dok. NBA)

Selain itu, sebagai bagian perayaan ulang tahun ke-10 program ini, NBA akan menyoroti 10 pemain, pelatih, dan anggota komunitas Jr. NBA di Indonesia yang sudah menjadi bagian dari program ini selama bertahun-tahun dengan menampilkan kisah mereka di seluruh platform media sosial NBA Indonesia, yaitu Facebook, X, Instagram, dan TikTok.

Sejak diluncurkan pada tahun 2014, Jr. NBA Indonesia sudah menjangkau lebih dari 24,2 juta pemuda-pemudi di seluruh Indonesia. 

Tak hanya bagi pemain, program global NBA ini juga menyasar para pelatih muda melalui Jr. NBA Coaches Academy.

Didukung oleh pemerintah, Jr. NBA Coaches Academy diselenggarakan untuk meningkatkan pengembangan basket setempat dengan menetapkan standar, pedoman, dan praktik terbaik bagi para pelatih muda.

Tercatat hingga saat ini, Jr. NBA Coaches Academy sudah menjangkau lebih dari 53.000 guru di lebih dari 48.000 sekolah pada 25 kota yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk Bali, Jakarta, Jawa, Sumatera Selatan, dan Yogyakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat