sveosportu.com

Real Madrid Diisukan Siap Perbarui Kontrak Andriy Lunin

Kiper Real Madrid, Andiry Lunin, menjadi bintang dalam laga kedua perempat final lawan Manchester City. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

– Sebelum musim 2023-2024 ini bergulir, Andriy Lunin dianggap sebagai bahan tertawaan di Real Madrid, menyusul serangkaian penampilan buruk musim lalu ketika menggantikan Thibaut Courtois. 

Namun, ia kini mendapat pujian dari dalam dan luar, setelah tampil cemerlang selama beberapa bulan terakhir saat kiper asal Belgia itu absen. 

Lunin telah menjadi pemain nomor satu pelatih Carlo Ancelotti sejak November 2023 lalu, ketika ia menggantikan Kepa Arrizabalaga, kiper yang dipinjam dari Chelsea FC pada musim panas lalu sebagai pelapis Courtois. 

Pemain berusia 25 tahun ini telah menjadi salah satu penjaga gawang terbaik di La Liga sejak saat itu, yang membuat Los Blancos berupaya untuk memperpanjang masa tinggalnya. 

Kontrak Lunin saat ini akan berakhir pada musim panas tahun depan (30 Juni 2025). Namun menurut The Athletic, ia kini hampir menandatangani kontrak baru berdurasi empat tahun, yang akan membuatnya bertahan di Santiago Bernabeu hingga tahun 2028. 

Kontrak tersebut akan mencakup peningkatan gaji, yang diperoleh melalui penampilan kiper internasional Ukarina tersebut yang mengesankan.

Pun begitu, ada rumor bahwa Lunin akan meninggalkan Real Madrid pada musim panas nanti dan Courtois diperkirakan akan mengambil kembali posisi starter mulai musim depan. 

Lunin tidak akan pergi sekarang. Jadi, akan menarik untuk melihat bagaimana Ancelotti menangani situasi di posisi kiper Madrid di masa depan.

Andriy Lunin ditarik Real Madrid dari klub Ukraina Zorya Lugansk pada 1 Juli 2018 dengan banderol 8,5 juta euro. Namun, setelah itu ia lebih banyak menghabiskan waktu di klub pinjaman masing-masing di CD Leganes, Real Valladolid, dan Real Oviedo. 

Sejak 21 Juli 2020, Lunin tidak lagi pernah dipinjamkan oleh Madrid. Sepanjang membela Madrid, Lunin total sudah 46 kali berada di bawah mistar Los Blancos

Namun, performa Lunin musim ini patut digarisbawahi. Total, ia sudah 29 kali membela Madrid di empat ajang berbeda dengan 23 kali kemasukan dan 12 clean sheet

Di La Liga, Lunin sudah 20 kali dimainkan dengan 11 kebobolan dan 10 clean sheet. Statistik Lunin per 90 menit di La Liga 2023-2024 ini juga mencengangkan. Ia mencatat persentase penyelamatan hingga 78% (45 penyelamatan/58 tembakan), 0,55 kemasukan/90 menit (11 gol dari 20 laga), dan 50% clean sheet (10 clean sheet dari 20 laga).  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat