sveosportu.com

Rekor Jude Bellingham di Liga Champions

Gelandang Real Madrid, Jude Bellingham. (Hendy Andika/Skor.id).

- Sukses di Jerman lalu bersinar pula di Spanyol. Jude Bellingham, satu dari sejumlah pemain asal Inggris yang bermain di luar negeri kelahirannya sendiri.

Dalam sepak bola, sempat ada anggapan bahwa pemain asal Inggris jarang meraih kesukesan di negeri orang.

Faktanya, memang hanya beberapa nama yang dianggap sukses. Pemain seperti Kevin Keegan, Glenn Hoddle, Gary Lineker, atau David Beckahm di antaranya.

Di sisi lain, ada yang juga menilai aneh jika seorang pemain asal Inggris, asal salah satu kompetisi liga terbaik dunia (Premier League), justru bermain di liga negara lainnya.

Tapi, apapun anggapannya, fakta bahwa Jude Bellingham adalah salah satu pemain yang berada dalam trek menuju kesukesan dalam kariernya.

Jude Bellingham baru saja meraih gelar La Liga bersama Real Madrid. Kini, bintang yang baru berusia 20 tahun tersebut berpeluang tampil di final Liga Champions dan meraih gelar ajang ini bersama Los Blancos.

Malam ini atau Kamis (9/5/2024) dini hari WIB, Jude Bellingham akan tampil bersama Real Madrid dalam laga semifinal kedua menghadapi Bayern Munchen.

Ajang Liga Champions menjadi kompetisi yang memang semakin terbiasa bagi Jude Bellingham.

Perkembangan ini pula yang tentu saja, kebetulan atau tidak, identik pula dengan Real Madrid yang memang dinilai sebagai salah satu klub yang memiliki tradisi kuat di ajang bergengsi antarklub Eropa ini.

Bagi Real Madrid sendiri, Jude Bellingham adalah "temuan" baru, bintang masa depan. Kehadirannya kemudian dikait-kaitkan dengan sosok Zinedine Zidane, salah satu legenda (pemain dan pelatih) Real Madrid.

Dari karakteristik permainan, yang membuat Jude Bellingham disandingkan dengan legenda hidup asal Prancis tersebut.

"Anda bisa melihat sendiri, bahwa dia selalu ingin mencetak gol di setiap pertandingan. Bagi saya, dia sedikit mengingatkan saya kepada Zinedine Zidane dalam soal kualitas," kata mantan penyerang Real Madrid asal Brasil, Ronaldo Nazario seperti yang dikuti di laman UEFA.com.

Malam ini, Jude Bellingham akan tampil lagi bersama Real Madrid menghadapi Bayern Munchen.

Berikut ini sejumlah rekor yang telah ditorehkan Jude Bellingham di ajang Liga Champions:

Pemain Termuda asal Inggris

Jude Bellingham telah bermain dalam 32 pertandingan Liga Champions sepanjang kariernya. Dari jumlah tersebut, dia telah mengoleksi 10 gol dan memberikan 9 assist.

Gol pertamanya di Liga Champions diciptakan ketika masih bersama Borussia Dortmund, menghadapi Manchester City, 14 April 2021 silam.

Ketika itu, Jude Bellingham mencetak satu-satunya gol Borussia Dortmund dalam laga yang berakhir 1-2 untuk kemenangan Manchester City.

Dengan gol itu pula, Jude Bellingham tercatat sebagai pemain asal Inggris termuda yang mencetak gol di Liga Champions, tepatnya dalam usia 17 tahun, 289 hari.

Selain rekor gol sebagai pemain muda asal Inggris, Jude Bellingham juga mencatat rekor sebagai pemain asal Inggris paling muda yang pertama tampil sebagai starter di Liga Champions.

Momen itu terjadi ketika Borussia Dortmund tandang lawan Lazio pada 20 Oktober 2019. Ketika itu, usia Jude Bellingham adalah 17 tahun, 113 hari.

Jude Bellingham juga tercatat sebagai pemain termuda asal Inggris yang tampil di fase knockout Liga Champions, dalam usia 17 tahun 233 hari, di laga Sevilla vs Dortmund pada 17 Februari 2021, Dortmund menang 3-2.

Jude Bellingham resmi sebagai pemain Real Madrid. (Hendy AS/).
Jude Bellingham ketika diperkenalkan sebagai pemain Real Madrid bersama Presiden Florentino Perez, mendapatkan nomor 5, nomor yang identik dengan Zinedine ZIdane di Los Blancos. (Hendy AS/).

Rekor di Real Madrid

Salah satu performa mengejutkan Jude Bellingham bersama Real Madrid terjadi di laga menghadapi Union Berlin dalam fase grup Liga Champions 2023-2024 ini.

Dalam pertandingan tersebut, Jude Bellingham mencetak gol penentu kemenangan di menit-menit laga akan berakhir, menit ke-90 yang membuat Los Blancos menang 1-0.

Dengan gol itu pula, Jude Bellingham tercatat sebagai pemain termuda Real Madrid yang mencetak gol kemenangan di menit ke-90 dalam sejarah Liga Champions.

Di sisi lain, Jude Bellingham pemain keempat dalam sejarah Rael Madrid yang mampu mencetak gol dalam debutnya di dua ajang, La Liga dan Liga Champions di abad ke-21 ini setelah Cristiano Ronaldo (2009), Isco (2013), dan Marco Asensio (2016).

Berikut ini rekor-rekor Jude Bellingham dalam kariernya di ajang Liga Champions:

  • Pemain termuda asal Inggris yang mencetak gol di Liga Champions, 17 tahun 289 hari, Dortmund 1-2 Man City (14/4/2021).
  • Pemain termuda asal Inggris yang tampil sebagai starter di Liga Champions, 17 tahun 113 hari, Lazio 3-1 Dortmund (20/10/2020).
  • Pemain termuda asal Inggris yang tampil sebagai starter di fase knockout Liga Champions, 17 tahun 233 hari, Sevilla 2-3 Dortmund (17/02/2021).
  • Pemain termuda asal Inggris yang mencetak gol dalam laga tandang Liga Champions, 18 tahun 78 hari, Besiktas 1-2 Dortmund (15/9/2021).
  • Pemain termuda pertama asal Inggris yang mampu mencetak gol dalam tiga musim Liga Champions. Dimulai dengan gol pertamanya saat lawan Man City musim 2020-2021, lalu gol di musim 2021-2022 lawan Besiktas, dan gol lainnya di musim 2022-2023 juga lawan Besiktas.
  • Pencetak gol terbanyak pemain termuda asal Inggris, ketika dia mengoleksi 6 gol saat usianya 20 tahun.
  • Pemain ketiga yang mampu mencetak gol dalam dua laga pertama di Liga Champions bersama Real Madrid. Dua pemain lainnya adalah Christian Karembeu pada 1998 dan Cristiano Ronaldo pada 2009.
  • Pemain kedua yang mampu mencetak gol dalam tiga laga pertama di Liga Champions sebagai pemain Real Marid. Pemain lainnya adalah Christian Karembeu pada 1998.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat