sveosportu.com

Resmi, Shin Tae-yong Perpanjang Kontrak hingga 2027

sty perpanjang kontrak

- Kabar gembira yang dinanti-nanti para penggemar sepak bola tanah air akhirnya tersiar juga. Shin Tae-yong resmi memperpanjang kontraknya sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Juru taktik asal Korea Selatan itu diketahui menandatangani ekstensi masa bakti berdurasi tiga tahun. Artinya, kerja sama terbaru ini akan pungkas pada 2027.

Informasi tersebut diungkap PSSI via media sosial Timnas Indonesia pada Jumat (28/6/2024) malam.

"Kami bersepakat untuk terus berjuang bersama agar Tim Nasional Indonesia makin maju, berprestasi, dan mendunia," ujar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengonfirmasi. 

Coach Shin telah membawa Timmnas sampai round 3 Piala Dunia dan sampai play-off Olimpiade. Kinerjanya telah memberikan dampak positif bagi sepak bola Indonesia,” tambahnya.

"Saya memutuskan untuk bekerja sama dengan Presiden Erick hingga 2027. Tolong terus dukung sepak bola Indonesia," Shin Tae-yong ikut memberi komentar.

Selain Shin Tae-yong, perpanjangan kontrak juga diberikan kepada ofisial dan asisten pelatih yang memang bersama dengan juru taktik asal Korea Selatan itu dalam empat tahun terakhir.

Kabar ini sekaligus menghapus kekhawatiran para suporter Timnas Indonesia soal kepergian Shin Tae-yong.

Sebelumnya, sempat tersiar kabar bahwa mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu akan kembali menangani negaranya setelah kontrak dengan tim Garuda berakhir Juni ini.

Apalagi Shin Tae-yong juga sedang pulang kampung usai mengantarkan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Namun, isu tersebut terbukti tak benar. Shin Tae-yong, seperti kata Erick Thohir, terbang ke Korea Selatan hanya untuk memulihkan kondisi kesehatannya.

Sekarang, Timnas Indonesia bersama sang pelatih bisa fokus penuh mempersiapkan diri jelang bertarung di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Seperti diketahui Garuda tergabung ke dalam Grup C yang berat, dihuni sederet raksasa macam Jepang, Australia, Arab Saudi, ditambah Bahrain dan Cina.

Pertandingan pertama akan dihelat pada 5 September mendatang, langsung bertandang ke markas Arab Saudi.

Shin Tae-yong punya waktu sekitar dua-tiga bulan untuk membangun skuad yang lebih kompetitif.

Timnas Indonesia harus bisa finis minimal dua besar agar bisa lolos langsung ke Piala Dunia 2026.

Namun, peluang melakukan itu sangat sulit. Realistisnya, Rizky Ridho dan kawan-kawan bersaing untuk mengamankan peringkat ketiga atau keempat, lalu mencoba lagi pada putaran selanjutnya.

Setidaknya, Timnas Indonesia sudah pasti tampil di Piala Asia 2027. Lolos ke Piala Dunia 2026 adalah bonus, yang tak perlu diratapi jika gagal mewujudkannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat