sveosportu.com

Respons Erick Thohir Soal STY Masuk Radar Timnas Korsel

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, melaporkan hasil kunjungannya ke Eropa ke Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, 13 Maret 2024. (Dok. Erick Thohir/Grafis Jovi Arnanda/Skor.id)

- Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, memberikan respons terkait kabar pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, masuk radar untuk melatih Timnas Korea Selatan. Saat ini memang sedang ada kekosongan di kursi pelatih Timnas Korea Selatan.

Tanggapan itu disampaikan oleh Erick Thohir dalam jumpa pers turnamen Bali 7’s di Training Camp Bali United, Kabupaten Gianyar, Bali, Sabtu (22/06/2024) petang.

“Mengenai coach Shin Tae-yong, simpel buat saya. Bahwa pembangunan Tim Nasional Indonesia ini bukan pembangunan berdasarkan satu dan dua individu. Bahwa Tim Nasional ini maju karena Erick Thohir, tidak. Erick Thohir kalau tidak punya pelatih, tidak punya pemain, ya tidak mungkin (bisa maju),” ujar Erick Thohir.

“Dan tentu sama pelatih juga, bahwa kita perlu punya pelatih yang standar dunia. Tapi saya yakin coach Shin Tae-yong tahu, bahwa tanpa dukungan PSSI hari ini, tanpa kualitas pemain hari ini, tidak mungkin kita sampai di sini,” tegas lelaki yang juga Menteri BUMN itu.

Lebih lanjut, Erick Thohir pun menegaskan dirinya juga tidak bisa melarang pihak lain untuk bernegosiasi dengan Shin Tae-yong. Termasuk Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA). Erick pun mengungkapkan bahwa PSSI sudah menyodorkan kontrak baru terhadap pelatih asal Korea Selatan yang durasinya hingga 2027.

“Coach Shin Tae-yong dan saya punya hubungan yang baik. Yang saya dengar, beliau sedang dalam perawatan di rumah sakit, kami berikan waktu. Kalau pun dari Korea menginginkan coach Shin Tae-yong, saya tidak bisa melarang,” tegasnya.

Lebih lanjut, Erick pun menegaskan bahwa pembangunan Timnas Indonesia itu bukan berdasarkan satu individu. Ini mengisyaratkan bahwa PSSI juga tidak ingin hanya bergantung dengan satu orang. Jadi, jika memang Shin Tae-yong harus pergi dan menerima tawaran dari pihak lain, PSSI juga siap untuk mencari penggantinya.

“Tim Nasional ini dibangun karena sebuah kekuatan bersama. Pemerintah hadir, PSSI, hadir, suporter hadir, tim dan pemain cakap, ofisial yang cakap, dan juga pelatih sekaliber Shin Tae-yong. Itu policy (kebijakan)-nya saya,” tutur eks Presiden Klub Inter Milan ini.

Shin Tae-yong sendiri sempat mengungkapkan dalam salah satu jumpa persnya, bahwa dia sudah bersepakat untuk melanjutkan kerja sama dengan PSSI melatih Timnas Indonesia. Kesepakatan itu pun didapatkan secara verbal di sela-sela penyelenggaraan Piala Asia U-23 2024 lalu, saat dirinya makan bersama dengan Erick Thohir di Qatar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat