sveosportu.com

Respons PSSI soal Kabar Biaya Sidang Maarten Paes di CAS

cover arya sinulingga

Terdapat kabar yang beredar bahwa biaya sidang Maarten Paes di Peradilan Arbitrase Olahraga (CAS) hingga menyentuh Rp32 miliar.

Adapun, kabar biaya sidang sebesar itu beredar dari sebuah video di kanal YouTube Bung Harpa.

"Untuk biaya bertarung atau bersidang di CAS ternyata tidak murah. Walaupun untuk PSSI atau Erick Thohir tidak mahal, yaitu 1 sampai 2 juta dolar AS. Saya dapat informasi dari sumber yang kredibel, jadi sekarang dolar lumayan tinggi Rp16 ribu, sekitar Rp16 sampai Rp32 miliar (rupiah)," kata Bung Harpa di kanal YouTube pribadinya.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengatakan hal itu semua sudah diperhitungkan.

Menurut Arya Sinulingga, apabila proses tersebut bermasalah dengan biaya maka PSSI tidak akan melakukan proses naturalisasi terhadap Maarten Paes.

"Santai saja, kita semua tahu langkah PSSI sudah diperhitungkan. Kita tahu bagaimana biaya sudah dihitung. Kami kalau terbentur biaya sejak awal, kami sudah tahu masalahnya enggak mungkin dimasukkan sebagai WNI," kata Arya Sinulingga di GBK Arena, Senayan, Selasa (25/6/2024).

"Kalau karena biaya, pasti kami setop sejak awal. Pakai logika, kalau ada yang analisis coba pakai logika sederhana. Kalau masalah biaya, kami pasti tidak teruskan jadi WNI," Arya Sinulingga menambahkan.

Lebih dari itu, Arya Sinulingga menyebutkan bahwa ini semua akan berjalan baik, karena tim dari Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, telah membuktikan kinerja mereka.

"Tunggu saja. Serahkan pada ahlinya di tim Pak Erick. Bukan bilang kami berhasil, tapi kita belum tahu," ujar Arya Sinulingga.

"Tapi sudah terbukti timnya bagian ini ada yang punya kemampuan masing-masing. Baru masalah lagi ini ada lagi proses, sudahlah ada yang lagi proses, kami lagi godok semua," Arya Sinulingga menegaskan.

Sebelumnya kiper FC Dallas itu mengucap sumpah sebagai WNI pada 30 April 2024. Namun, sampai saat ini Maarten Paes belum bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Erick Thohir saat ini tengah mengusahakan Maarten Paes untuk bisa membela Timnas Indonesia.

Tadinya, diharapkan Maarten Paes sudah bisa bermain saat Timnas Indonesia menjalani dua laga sisa putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak (6/6/2024) dan Filipina (11/6/2024). Tapi ternyata proses peralihan kewarganegaraannya di FIFA masih belum beres.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat