sveosportu.com

Ribka Sugiarto Mundur dari Cipayung demi Persiapan Nikah

Pebulu tangkis ganda putri Indonesia Ribka Sugiarto sangat memperhatikan perkembangan fashion. (M Yusuf/Skor.id)

– Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mengonfirmasi kabar mundurnya salah satu pemain ganda putri Indonesia, Ribka Sugiarto dari tim nasional.

Beberapa hari terakhir ramai pemberitaan di media sosial bahwa Ribka dikabarkan mundur dari Pelatnas PBSI Cipayung setelah berhasil membantu tim bulu tangkis putri Indonesia meraih medali perak dalam Kejuaraan Beregu Uber Cup 2024.

Akhirnya kabar itu pun dibenarkan oleh Ricky Soebagdja selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI dalam konpers di Pelatnas Cipayung, Kamis (16/5/2024).

Ricky menyampaikan bahwa Ribka memilih mundur dengan alasan ingin fokus mempersiapkan pernikahannya bersama Muhammad Rian Ardianto, yang merupakan pemain ganda putra Indonesia.

Awalnya, Ribka Sugiarto bersama Lanny Tria Mayasari dijadwalkan turun dalam rangkaian tur BWF di Benua Asia, salah satunya adalah Thailand Open 2024.

Namun, PBSI akhirnya membatalkan keikutsertaan pasangan ganda putri juara Swiss Open 2024 itu di Thailand setelah mendapat kabar dari Ribka Sugiarto.

“Saya dikabari oleh Eng Hian (pelatih ganda putri) bahwa Lanny/Ribka ditarik dari Thailand Open 2024. Ribka baru menyampaikan ke Eng Hian secara lisan untuk mengundurkan diri dari Thailand Open karena ada persiapan menjelang pernikahan,” Ricky menjelaskan.

Meski begitu, PBSI hingga saat ini masih belum menerima secara resmi surat pengunduran diri tunangan Rian Ardianto tersebut.

“Sehingga dinyatakan secara lisan ke pelatih, pelatih menyampaikan ke saya (bahwa Ribka) resign (dari pelatnas),” ujar Ricky.

“Surat resmi memang PBSI belum menerima. Namun secara lisan, sudah disampaikan dan saya pastikan karena saya juga berkomunikasi dengan Ribka. Dia menyampaikan hal yang sama untuk resign demi mempersiapkan kehidupan lainnya.”

Ricky pun secara jujur cukup menyayangkan pilihan yang diambil oleh Ribka Sugiarto

Pasalnya, tim pelatih ganda putri sudah merancang program dan rencana untuk dijalani oleh Ribka bersama Lanny Tria Mayasari dalam kompetisi musim ini.

“Saya pribadi juga cukup menyayangkan karena memang pelatih dan semua kita juga sudah koordinasi untuk ganda putri Rachel/Trias, Lanny/Ribka sudah diprogramkan,” kata peraih emas Olimpiade Atlanta 1996 ini. 

“Terutama di tur Asia ini sudah didaftarkan (untuk mengikuti turnamen) bahkan hingga Australia Open 2024.”

Ribka Sugiarto sendiri memang dikabarkan akan segera melangsungkan pernikahan dengan Muhammad Rian Ardianto dalam waktu dekat. 

Kedua pasangan itu pun sebelumnya sudah mengumumkan pertunangan mereka pada Desember 2023 lalu.

Namun, masih belum bisa dipastikan apakah Ribka tetap akan melanjutkan kariernya sebagai atlet bulu tangkis setelah nantinya dipersunting oleh Rian Ardianto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat