sveosportu.com

Ricky Soebagdja Optimistis Indonesia Juara Thomas Cup 2024

Thomas Cup 2024 dan Uber Cup 2024

– Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI sekaligus Wakil Manajer Tim Ad Hoc Olimpiade Paris 2024, Ricky Soebagdja, optimistis timnas bulu tangkis Indonesia bisa menjuarai Thomas Cup 2024.

Skuad putra Merah Putih terakhir kali merebut Piala Thomas edisi ke-31 yang digelar di Aarhus, Denmark pada 2021 lalu. 

Sayangnya setahun kemudian, Fajar Alfian dan kawan-kawan gagal mempertahankan piala supremasi beregu putra tersebut setelah kalah oleh India pada partai final Thomas Cup 2022 di Bangkok, Thailand.

Ricky meyakini Piala Thomas bisa kembali ke Tanah Air pada tahun ini jika para pemain mampu tampil maksimal dengan didukung kondisi fisik yang prima.

“Kita juara pada 2020 dan runner-up pada 2022. Mudah-mudahan tahun ini Piala Thomas kita bisa bawa pulang kembali ke Tanah Air,” ujar Ricky optimistis.

“Syaratnya, teman-teman atlet harus benar-benar dalam kondisi yang prima dan tampil spartan. Kita berada di grup dengan kekuatan yang merata, yakni India, Inggris, dan Thailand. Kita harus punya strategi yang tepat pada masing-masing nomor,” lanjut peraih emas ganda putra Olimpiade Atlanta 1996.

Untuk Thomas Cup tahun ini, Indonesia mengirim Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Alwi Farhan untuk sektor tunggal.

Sementara sektor ganda diisi oleh Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando, Daniel Marthin, Bagas Maulana, dan Muhammad Shohibul Fikri.

Menghadapi Thomas Cup 2024, Indonesia menempati unggulan 3/4 dan berada di Grup C bersama India, Inggris, dan Thailand.

Sementara untuk Uber Cup 2024, Ricky menargetkan Gregoria Mariska Tunjung dan kolega bisa melangkah hingga babak semifinal. Menurutnya, itu adalah target yang positif sekaligus realistis.

“Kita punya modal yang baik. Grego makin menemukan format permainan yang pas. Untuk ganda, kita tetap perlu memasukkan Apri/Fadia sebagai ganda pertama untuk mendampingi Lanny/Ribka dan Mei/Rachel,” Ricky menjelaskan.

“Lanny/Ribka juara Swiss Open dan Mei/Rachel juara Orleans Masters. Ini juga energi positif. Fokusnya adalah memenangkan fase grup dulu. Setelah itu kita lihat lagi strategi selanjutnya,” tuturnya.

Tim Indonesia berangkat ke Uber Cup 2024 sebagai unggulan 5/8. Gregoria Mariska Tunjung, Komang Ayu Cahya Dewi, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan Ruzana mengisi di sektor tunggal.

Selanjutnya Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Meilysa Trias Puspitasari, Rachel Allessya Rose, Ribka Sugiarto, dan Lanny Tria Mayasari memperkuat sektor ganda.

Di fase grup, tim Uber Indonesia berada di grup C bersama Jepang, Hong Kong, dan Uganda.

Adapun penyelenggaraan Thomas dan Uber Cup 2024 berlangsung di Chengdu High-tech Zone Sports Center Gymnasium mulai 27 April hingga 5 Mei 2024. 

Chengdu adalah ibu kota provinsi Sichuan. Kota yang dikenal sebagai Kota Panda ini berjarak sekitar 1.800 km ke arah barat daya dari ibu kota Cina, Beijing.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat