sveosportu.com

Satoru Mochizuki Bidik Kemenangan Lawan Hong Kong

satoru mochizuki - timnas putri indonesia

- Timnas Putri Indonesia datang ke Hong Kong untuk mencari kemenangan. Itulah target yang ditetapkan oleh sang pelatih, Satoru Mochizuki.

Seperti diketahui, Garuda Pertiwi dijadwalkan melakoni dua pertandingan uji coba melawan Hong Kong pada Kamis (11/7/2024) dan Minggu (14/7/2024).

Mereka sudah mendarat di negara tersebut pada Selasa (9/7/2024) malam, dan kini punya waktu efektif satu hari untuk mempersiapkan diri.

Satoru Mochizuki mengaku tak terlalu mengenal kekuatan sang calon lawan, tapi tetap berusaha meramu pasukannya sebaik mungkin.

"Untuk nanti melawan Hong Kong, sejujurnya saya belum mengetahui kekuatan dan permainan mereka. Tapi yang pasti, siapa pun lawannya, tujuannya saya yakni untuk memberikan kemenangan bagi Indonesia," ujar juru taktik asal Jepang itu.

Sebelum menghadapi Hong Kong, Timnas Putri Indonesia sudah melakukan pemusatan latihan di Jakarta selama dua pekan.

Awalnya, Satoru Mochizuki memanggil 27 pemain, termasuk dua pemain keturunan, Noa Leatomu dan Estella Loupatty.

Tapi, dalam perjalanannya, ada nama yang dicoret dan ada pula yang ditambahkan.

Misalnya, gelandang berdarah Amerika Serikat, Sydney Hopper, bergabung dalam pemusatan latihan, beberapa hari jelang keberangkatan.

Tak lama, dua talenta lagi dari Negeri Paman Sam juga ikut ambil bagian. Mereka adalah Katalina Stalin dan Kayla Ristianto.

Sebagai informasi, Katalina merupakan gelandang berusia 15 tahun dari tim Sporting Blue Valley. Dia berdarah campuran Indonesia-Amerika Serikat-Swedia.

Sementara, Kayla kini berusia 19 tahun, bermain untuk tim putri Universitas Cornell. Posisinya juga di lini tengah.

Adapun Noa Leatomu dan Estella Loupatty tak dibawa ke Hong Kong. Mereka belum punya paspor Indonesia, jadi harus menunggu proses naturalisasi sebelum bisa membela Garuda Pertiwi.

Pada akhirnya, Satoru Mochizuki hanya menetapkan 24 pemain yang akan tampil melawan Hong Kong.

"Para pemain ini adalah kombinasi informasi dari saya sendiri dan PSSI. Beberapa dari pemain ini sudah pernah ikut dengan saya, dan saya sangat puas dengan performa mereka selama ini, juga di pemusatan latihan," kata sosok yang akrab disapa Coach Mochi itu.

Timnas Putri Indonesia saat ini menghuni peringkat ke-107 di tabel FIFA, berbeda jauh dengan Hong Kong yang ada di tangga ke-79.

Namun, di lapangan, ranking tak banyak memberi pengaruh. Hal terpenting adalah performa.

Garuda Pertiwi harus bisa tampil kompak dan disiplin untuk meraih kemenangan. Jika berhasil, dipastikan peringkat FIFA mereka akan terdongkrak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat