sveosportu.com

Satoru Mochizuki Senang Timnas Putri Indonesia Menang Besar

Pelatih Timnas Putri Indonesia, Satoru Mochizuki.

- Pelatih Timnas Putri Indonesia, Satoru Mochizuki, sangat puas dengan kemenangan pasukannya atas Singapura dalam laga uji coba.

Seperti diketahui, Garuda Pertiwi pesta gol 5-1 atas sang tetangga, dalam duel yang dihelat di Stadion Madya, Jakarta, pada Selasa (28/5/2024) malam.

Lima gol Timnas Putri Indonesia adalah hasil dari brace Marcela Awi (11', 66') dan Claudia Scheunemann (64', penalti 87'), dilengkapi aksi Reva Oktaviani (90+5').

Adapun Singapura cuma bisa membalas sekali via tandukan Dorcas Chu di menit ke-20.

Ini merupakan pertandingan pertama Satoru Mochizuki bersama Timnas Putri Indonesia di level senior, dan langsung mendapat hasil manis.

Sebelumnya, dia agak kesulitan memimpin Timnas Putri U-17 Indonesia di Piala Wanita U-17 2024 karena kualitas skuadnya memang berbeda jauh.

"Saya hari ini sangat senang, sungguh senang sekali. Ini pertama kali dengan timnas senior, kami menang dan saya puas," ujar pelatih asal Jepang tersebut usai pertandingan.

Soal perbedaan kualitas Timnas Putri U-17 Indonesia dan senior, Satoru Mochizuki tak menampiknya. Para junior memang harus belajar lebih banyak lagi untuk mengejar ketertinggalan.

"Terutama dalam hal kecepatan, baik kecepatan mengalirkan bola maupun mengambil keputusan," kata sosok yang akrab disapa Coach Mochi ini.

"Selain itu, kemampuan passing serta kontrol bola juga perlu ditingkatkan. Sebenarnya, di lapangan, kita hanya butuh bermain simpel," dia menambahkan.

satoru mochizuki vs singapura
Pelatih Timnas Putri Indonesia, Satoru Mochizuki (tengah), memberi keterangan usai laga uji coba kontra Singapura di Stadion Madya, Jakarta, 28 Mei 2024. (Teguh Kurniawan/)

Kembali ke timnas senior, menurut Satoru Mochizuki, performa Safira Ika dan kawan-kawan versus Singapura sudah baik.

Mereka mampu mendominasi jalannya pertandingan dan tak membiarkan lawan terlalu lama memegang bola.

Ya, ada beberapa momen di mana Timnas Putri Indonesia kehilangan fokus dan mendapat ancaman. Namun, itu dinilai wajar karena tim ini sudah lama tidak berkumpul sehingga ada miskomunikasi. 

"Saya selalu ingin membangun dasar permainan sebelum mengembangkannya secara tim. Misalnya, ketika bertahan secepat mungkin merebut bola, dan saat menyerang juga segera cari peluang cetak gol," ujar Coach Mochi. 

"Jika saya melihat permainan bagus seperti ini, tentu saya sangat menikmati," tambahnya.

Belum diketahui agenda apa yang menanti Timnas Putri Indonesia selanjutnya. Namun, kemenangan telak ini berhasil mendongkrak euforia di skuad Garuda Pertiwi maupun para penggemar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat