sveosportu.com

Prancis Siapkan Topeng Pelindung untuk Kylian Mbappe

Kylian Mbappe (kiri) dan Josko Gvardiol. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

- Kapten dan penyerang Timnas Prancis, Kylian Mbappe, mengalami cedera patah tulang hidung saat lawan Austria, Selasa (18/6/2024) dini hari tadi berakhir di laga Euro 2024.

Dalam laga Prancis lawan Austria, Les Bleus meraih kemenangan 1-0. Gol Timnas Prancis dalam pertandingan tersebut tercipta setelah pemain belakang Austria, Maximilian Wober, melakukan gol bunuh diri.

Gol bunuh diri pada menit ke-38 tersebut membuat Prancis meraih tiga poin dan mengawali penampilan mereka di Euro 2024 dengan kemenangan.

Gol tersebut terjadi setelah Maximilian Wober mencoba mengantisipasi bola tendangan Kylian Mbappe, namun tandukannya justru mengarah ke gawang timnya sendiri.

Namun demikian, kemenangan ini membuat Prancis harus kehilangan kapten mereka tersebut.

Kylian Mbappe dipastikan tidak dapat tampil ketika Prancis menghadapi Belanda pada laga kedua, Jumat (21/6/2024) nanti.

Selain absen menghadapi Belanda, kemungkinan besar Kylian Mbappe juga akan absen saat Prancis melakoni laga kedua tepatnya menghadapi Polandia.

Untuk saat ini, Prancis telah membuat rencana yaitu membuat topeng pelindung yang akan dikenakan Kylian Mbappe jika pada saatnya nanti dapat tampil bermain untuk Les Bleus.

Kehilangan Kylian Mbappe meski untuk satu atau dua laga tentu merupakan pukulan telak. Absennya Kylian Mbappe mengancam langkah Prancis untuk lolos ke fase knockout.

Namun demikian, situasi inilah yang harus dihadapi Les Bleus. Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps, kemungkinan akan menurungkan Olivier Giroud sebagai pemain yang akan menggantikan peran Kylian Mbappe di lini depan.

Kylian Mbappe mengalami cedera patah tulang hidung tersebut ketika laga akan berakir.

Bintang yang baru bergabung ke Real Madrid ini berbenturan dengan pemain belakang Austria, Kevin Danso, saat keduanya duel udara.

Kini, tugas rekan setimnya yang lain untuk memastikan Les Bleus melangkah ke 16 besar.

Untuk sementara ini, Kylian Mbappe akan mendapatkan topeng pelindung yang akan menjaga dari kemungkinan benturan di kepalanya, dalam hal ini bagian hidungnya.

Dalam sejarah sepak bola, mengenakan toping pelingdung bukan hal yang baru lagi.

Sejumlah pemain pernah mengenakannya dan sudah terbukti tidak memberikan efek bagi performa sang pemain di lapangan.

Masker ini dirancang untuk tidak mempengaruhi penglihatan tepi (kedua sisi visual) pemain, karena masker ini pas di wajah dan memungkinkan penglihatan jelas dan tidak terhalang selama pertandingan.

Pada Piala Dunia 2022 di Qatar, beberapa pemain pun memilih mengenakan masker untuk melindungi diri dari cedera wajah.

Salah satu pemain yang paling menonjol adalah Heung-min Son, penyerang tim nasional Korea Selatan dan bek Kroasia Josko Gvardiol.

Josko Gvardiol mengenakan topeng pelindung setelah dirinya pun mengalami cedera patah tulang hidung ketika masih bermai di Leipzig.

Penyerang Napoli, Victor Osimhen, juga pernah mengenakan topeng pelindung di wajahnya setelah sang pemain mengalami cedera.

Biasanya, topeng pelindung tersebut berwarna hitam dan telah digunakan oleh beberapa pemain sepak bola.

Topeng tersebut merupakan alat yang dirancang untuk melindungi wajah para pemain sepak bola selama pertandingan.

Topeng ini terbuat dari polikarbonat dan pas di wajah setiap pemain. Fungsinya adalah melindungi para atlet yang mengalami cedera wajah, sehingga memastikan mereka bisa tetap bertanding sambil menghindari risiko lebih lanjut.

Beberapa topeng dicetak secara tiga dimensi supaya betul-betul pas dengan kontur wajah para atlet.

Topeng pelindung utamanya adalah mengurangi risiko terulangnya cedera wajah, seperti patah tulang hidung, tulang pipi, atau alis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat