sveosportu.com

Tokoh Perempuan Pegiat Olahraga Berbagi Kisah Inspiratif

Talk on Women in Sports

– Sejumlah tokoh perempuan pegiat olahraga berbagi kisah mereka dalam event Talk on Women in Sports, sebuah ajang kolaborasi Road to Plaza Indonesia Wellness Festival x Dash Sports Forum.

Mengusung tema 'Breaking Barrier: Advancing Women in Indonesian Sports & Lifestyle', talkshow ini sukses terselenggara di Multifunction Hall B Plaza Indonesia, Jakarta pada Rabu (10/7/2024). 

Lebih dari 100 audiens hadir dalam Talk on Women in Sports, mendengarkan kisah-kisah inspiratif Melanie Putria (model dan pemeran), Soraya Larasati (pemeran dan pembawa acara), Triyaningsih (atlet nasional dan pelari maraton), Tabitha Sumendap (penggagas komunitas perempuan pesepeda WCC Nusantara), dan Gita Anindya (mitra penggagas BodyFit).

Melanie Putria dan Soraya Larasati berbagi kisah tentang momen jatuh cintanya kepada olahraga lari, di mana kondisi baby blues pasca bersalin serta keinginan kembali tampil bugar membuat kedua pegiat olahraga ini berkenalan dan langsung jatuh cinta dengan lari. 

Melanie dan Soraya bahkan memulainya dengan berpartisipasi di ajang event lari maraton internasional. 

Challenge awalnya adalah diragukan mampu (menyelesaikan lari maraton) oleh teman-teman sendiri, namun justru itu yang menjadi semangat untuk bisa!” tutur Melanie.

Sementara itu atlet nasional, Triyaningsih yang awalnya berkiprah sekadar mengikuti jejak kakak yang seorang pelari, akhirnya termotivasi untuk berprestasi sebagai pelari jarak jauh dan berhasil mengharumkan nama bangsa. 

Pada kesempatan yang sama Tabitha Sumendap, atau yang akrab disapa Tabbie, mengungkapkan perjalanan komunitas pesepeda perempuan yang ia gagas. Awalnya komunitas tersebut hanyalah kumpulan kecil.

Pandemi Covid-19 membantu komunitas WCC Nusantara bertumbuh besar hingga saat ini memiliki hampir 4.000 anggota di kota-kota besar di Indonesia. 

“Awalnya karena senang challenge, empowering women through the sports of cycling jadi visi saya dalam membentuk komunitas ini. Bersyukur banget merasa bermanfaat untuk komunitas, feels like I'm doing the right thing. The key for women running community, just be honest and put our hearts and love,” kata Tabbie.

“Lewat komunitas, kita membangun keluarga besar dan menjalin persahabatan dan pertemanan di seluruh negeri. Yang penting mau ngemong, managing ego. Saat ini WCC Nusantara punya divisi Road bike, mountain bike dan sepeda lipat.”

Adapun bagi Gita Anindya melihat bahwa sejatinya wanita sangat mampu mengurus keluarga sembari menjalani bisnis di dunia olahraga, seperti yang ia lakukan lewat sanggar kebugaran Bodyfit yang ia gagas.

“Layaknya jalani multitasking mengurus keluarga, begitu juga saat menangani bisnis gym, dan di sini kelebihan sebagai perempuan yang bisa menangani berbagai aspek dalam mengelola klub olahraga; mulai dari membuka dan menjalankan kelas, manajemen administrasi, hingga ke bersih-bersih, dan lain-lain, hingga kini BodyFit sudah menginjak tahun ke-8,” Gita menjelaskan.

Talk on Women in Sports sendiri jadi event untuk menyambut Plaza Indonesia Wellness Festival yang baru akan digelar pada 22-31 Juli 2024 di Plaza Indonesia.

Plaza Indonesia Wellness Festival merupakan sebuah festival kesehatan dan kebugaran yang menghadirkan berbagai kegiatan menarik, seperti kelas olahraga, talkshow kesehatan, dan demo produk-produk kesehatan serta kebugaran. 

Festival ini menampilkan 59 kelas kebugaran yang menarik dan seru untuk diikuti. Dash Sports sendiri akan menghadirkan sejumlah kelas olahraga kebugaran yang terbuka bagi umum untuk dapat berpartisipasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat