sveosportu.com

Unai Emery Tegaskan Aston Villa Bukan Pesaing Gelar

Pelatih Aston Villa, Unai Emery. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

- Setelah mengalahkan Manchester City, Pelatih Aston Villa, Unai Emery, menegaskan timnya kini fokus menatap laga akhir pekan ini menghadapi Arsenal.

Unai Emery juga menyatakan bahwa terlalu cepat untuk menilai timnya kini merupakan salah satu kandidat peraih gelar Liga Inggris setelah kemenangan 1-0 atas Manchester City.

Aston Villa memang menang 1-0 atas Manchester City lewat gol yang diciptakan penyerang mereka, Leon Baily pada menit ke-74.

Kemenangan tersebut pun membawa The Villans ke posisi ketiga klasemen sementara Liga Inggris 2023-2024 yang sebelumnya dikuasai Manchester City.

Bahkan, pelatih Manchester City, Pep Guardiola menegaskan bahwa Aston Villa jelas berada di antara tim yang bertarung di papan atas hingga akhir musim ini.

Namun demikian, Unai Emery, menepis penilaian tersebut. Pelatih asal Spanyol ini menyatakan bahwa masih banyak yang harus dilakukan Aston Villa untuk bersaing dengna Arsenal, Liverpool, dan Manchester City.

"Kami bukanlah pesaing peraih gelar. Ada tujuh tim yang memiliki peluang menjadi pesaing gelar dibandingkand dengan kami," kata Unai Emery, setelah kemenangan atas Manchester City.

"Saat ini, kami sudah berada di putaran ke-15. Kami akan menghadapi laga ke-16 akhir pekan ini menghadapi Arsenal dan kami akan fokus untuk laga itu," kata Unai Emery lagi.

Laga menghadapi Arsenal akan digelar pada Sabtu (9/12/2023) ini. Pertandingan ini menjadi semakin spesial tentunya karena Unai Emery pernah menangani The Gunners (2018-2019) sebelum akhirnya dipecat.

Meski demikian, pelatih berusia 52 tahun ini mengaku senang melihat timnya saat ini berada di posisi ketiga klasemen sementara setelah kemenangan atas Manchester City.

Aston Villa kini memiliki 32 poin dan hanya berjarak dua poin dari Liverpool (34) dan empat poin dari Arsenal (36).

Karena itu, dengan kemenangan atas Arsenal di akhir pekan ini, akan membuat Aston Villa kembali memangkas jarak dengan The Gunners menjadi hanya satu poin.

"Kami bahagia berada di posisi ketiga tapi untuk mempertahankan posisi ini tentu akan sangat sangat sulit," kata Unai Emery lagi.

"Kami akan mencoba mempertahankannya. Jika kami mampu terus meraih hasil bagus di laga-laga selanjutnya, meraih kemenangan, mungkin saja kami bisa menjadi pesaing tapi saya kira itu membutuhkan waktu," dia menambahkan.

Unai Emery menegaskan bahwa tentu saja timnya dan para pemainnya boleh meyakini bahwa mereka bisa meraih gelar, tapi dia menegaskan bahwa saat ini status mereka bukanlah pesaing gelar.

"Ini baru pekan ke-15, mungkin akan terlihat di pekan ke-30, atau 32 tapi itu belum terjadi," dia menegaskan.

Unai Emery menyatakan mengalahkan Pep Guardiola bukanlah sesuatu yang sebenarnya spesial. Sepanjang kariernya sebagia pelatih, dia memang tidak pernah mampu menang atas Pep Guardiola.

"Tent ssaya, saya selalu mempersiapkan dengan baik menghadapi klub terbaik, pemain terbaik, dan pelatih terbaik," kata Unai Emery.

"Tapi, mengalahkan dirinya (Pep Guardiola) bagi saya bukanlah sesuatu yang spesial. Itu hanya seperti sebuah proses dalam karier saya sebagai pelatih," dia menegaskan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat