sveosportu.com

STY Akui Mental Pemain Indonesia Down usai Kalah dari Qatar

Cover STY

- Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, berupaya memompa mental pasukannya jelang hadapi Australia U-23 di Piala Asia U-23 2024.

Seperti diketahui, tim Garuda Muda akan melakoni laga kedua Grup A Piala Asia U-23 2024 versus Australia pada Kamis (18/4/2024) malam di Stadion Abdullah bin Khalifa.

Ini akan menjadi duel menentukan bagi mereka setelah takluk 0-2 dari Qatar U-23 pada pertandingan pembuka, Senin lalu.

Shin Tae-yong mengakui, kekalahan tersebut cukup membuat para pemainnya terpukul, terutama dengan sederet kontroversi yang mewarnai.

"Memang ada ketidakadilan dari keputusan wasit (saat lawan Qatar), jadi suasana hati pemain sangat down," ujar sang pelatih.

"Tapi, karena besok akan ada pertandingan lagi, saya berusaha menghbur mereka agar bisa kembali latihan dan bekerja keras dengan baik," dia menambahkan.

Juru taktik asal Korea Selatan itu mengungkapkan, Rizky Ridho dan kawan-kawan terakhir fokus menyempurnakan taktik jelang bertemu Australia U-23

Mereka tahu pertandingan nanti takkan mudah, apalagi tim asal Negeri Kanguru itu merupakan salah satu favorit.

"Setelah pemulihan kondisi, hari ini kami fokus latihan taktik untuk mengantisipasi pertandingan lawan Australia dan Yordania. Intensitasnya tidak terlalu tinggi karena sehari sebelum bertanding," kata Shin Tae-yong.

"Australia bermain lebih baik daripada Yordania (pada pertandingan pertama), mereka tidak beruntung karena gagal cetak gol," lanjutnya.

Ya, Australia U-23 hanya bermain imbang 0-0 kontra Yordania U-23. Namun, bukan berarti mereka bisa diremehkan.

Faktanya, tim asuhan Tony Vidmar itu diyakini bakal lebih termotivasi mencari kemenangan lawan Indonesia U-23.

Tentu ini akan merepokan, apalagi Garuda Muda dipastikan pincang akibat absennya Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta yang mendapat kartu merah saat melawan Qatar U-23.

Beruntung, Timnas U-23 Indonesia mendapat suntikan tenaga pada waktu yang tepat. Justin Hubner sudah mendapat izin dari klubnya, Cerezo Osaka, untuk segera bergabung.

Bek 20 tahun itu dijadwalkan mendarat di Doha, Qatar, pada Kamis pagi, setelah membela Cerezo Osaka di Piala Liga Jepang. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Shin Tae-yong.

"Sehabis pertandingan Piala Jepang, dia langsung jalan ke bandara dan kemungkinan akan sampai besok pagi di Doha," kata sang pelatih.

Shin Tae-yong kini berharap para penggemar dan seluruh masyarakat Indoensia tetap memberi dukungan penuh kepada para pemain agar bisa kembali bangkit.

"Banyak yang disayangkan dari pertandingan sebelumnya, tapi para pemain tetap bekerja keras. Jadi, mohon dukungan penuh dari masyarkat Indonesia agar mereka tampil lebih semangat lagi," ujar Shin Tae-yong.

Sebagai informasi, Timnas U-23 Indonesia ditargetkan minimal lolos dari fase grup Piala Asia U-23 2024.

Namun, jika kalah dari Australia, dan di saat bersamaan Qatar juga menang lawan Yordania, harapan mereka dipastikan kandas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat