sveosportu.com

Shin Tae-yong Intip Peluang Timnas Indonesia ke Piala Dunia

Shin Tae-yong. (Dok. PSSI/Grafis Jovi Arnanda)

- Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memastikan akan mempersiapkan tim dengan baik untuk dua laga sisa di ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tugas Shin Tae-yong memimpin Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U-23 2024 serta berlanjut ke babak play-off antarkonfederasi Olimpiade 2024 Paris sudah rampung.

Di bawah arahan pelatih asal Korea Selatan itu, Timnas U-23 Indonesia mencatatkan sejarah di Piala Asia U-23 2024. Sebagai debutan, tim bisa melangkah hingga semifinal.

Walaupun akhirnya, Garuda Muda gagal meraih mimpi tampil di Olimpiade karena mengalami kekalahan 0-1 dari Timnas U-23 Guinea pada laga play-off di Prancis.

"Sayang sekali, pada akhirnya kami gagal melangkah ke Olimpiade," kata Shin Tae-yong dalam video yang diunggah dalam akun Instagram resmi Timnas Indonesia.

"Saya, masyarakat Indonesia, pendukung Timnas Indonesia dan juga para pemain, lalu PSSI dan Pak Erick Thohir, semuanya pasti sangat kecewa," ia menambahkan.

Sekarang, Shin Tae-yong akan kebali mengalihkan fokusnya ke Timnas Indonesia. Untuk diketahui, pasukan Garuda masih punya peluang melaju di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan masih harus menjamu Timnas Irak dan Filipina pada persaingan ronde kedua Grup F, tepatnya 6 dan 11 Juni 2024 di Jakarta.

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia. (Hendy Andika/)

Menempati peringkat kedua klasemen sementara dengan tujuh poin membuat Timnas Indonesia hanya membutuhkan setidaknya tiga poin untuk lolos ke ronde ketiga.

Shin Tae-yong pun melihat peluang masih terbuka lebar untuk pasukan Garuda, dan untuk itu dirinya akan mempersiapkan timnya dengan sebaik mungkin.

"Kami tidak akan berhenti, selanjutnya ada kesempatan ke Piala Dunia, saya akan menyiapkan tim sebaik mungkin untuk pertandingan berikutnya agar kita lolos ke babak ketiga. Saya akan mengusahakannya," ujarnya.

Ia pun mengharapkan dukungan dari suporter, karena itu dinilainya sangat membantu dalam meningkatkan motivasi para pemain Timnas Indonesia di atas lapangan hijau.

"Kepada para suporter, mohon dukungannya lagi. Kami mohon dukungan yang lebih banyak lagi demi sepak bola Indonesia. Jika kalian memberikan dukungan pemain akan semakin melakukan yang terbaik di lapangan," kata Shin Tae-yong.

"Pada kesempatan kemarin di Piala Asia U-23, segala pencapaian kami didapatkan tak lepas dari peran para pendukung. Jadi saya harap dukungan yang lebih banyak lagi," ia memungkasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat