sveosportu.com

Shin Tae-yong, Justin Hubner, dan Ivar Jenner Disanksi AFC

Shin Tae-yong. (Dok. PSSI/Grafis Jovi Arnanda)

- Kabar buruk menimpa Timnas Indonesia. Menyusul, pelatih Shin Tae-yong, bek Justin Hubner, serta gelandang Ivar Jenner disanksi oleh Komite Disiplin (Komdis) AFC.

Berdasarkan sidang Komdis AFC per tanggal 27 Juni 2024, diketahui ketiganya dikenai sanksi akibat pelanggaran disiplin mereka pada Piala Asia U-23 2024 di Qatar, 15 April-3 Mei 2024.

Dalam amar putusannya, Komdis AFC memberikan sanksi denda kepada ketiganya.

Justin Hubner dan Ivar Jenner dinilai melanggar Pasal 50 Kode Etik dan Disiplin AFC yaitu dengan mengunggah konten di sosial media yang menghina, mengatakan, serta mempertanyakan integritas hasil pertandingan, pertandingan itu sendiri, kompetisi, Qatar, Asosiasi Sepak Bola Qatar, dan/atau AFC.

Imbasnya, Justin Hubner dan Ivar Jenner didenda $5000 (sekitar Rp81,6 juta).

Sementara Shin Tae-yong dikenai sanksi denda lebih besar yaitu $7.500 (sekitar Rp122 juta). Pelatih asal Korea Selatan itu juga dinilai melanggar Pasal 50 Kode Etik dan Disiplin AFC.

Pelanggaran yang dilakukan oleh Shin Tae-yong adalah selama konferensi pers usai pertandingan, dia membuat komentar mempertanyakan kompetensi dan integritas wasit serta AFC.

Dia pun diketahui mengulangi pelanggaran tersebut, sehingga dari ketentuan yang ada, dia bakal diberikan hukuman lebih berat.

Memang saat laga melawan Qatar di pertandingan perdana Grup A Piala Asia U-23 2024, baik Shin Tae-yong maupun pemain Timnas Indonesia menilai banyak keputusan kontroversial diberikan oleh wasit.

Dalam laga itu, skuad Garuda Muda juga bermain dengan 10 pemain setelah Ramadhan Sananta yang baru masuk sebagai pemain pengganti dikartu merah pada menit ke-90+6. Timnas U-23 Indonesia pun kalah dengan skor 0-2 di laga tersebut.

Tapi usai laga itu, Timnas U-23 Indonesia berhasil bangkit dengan meraih kemenangan atas Australia (1-0) dan Yordania (4-1), yang membuat mereka lolos ke babak delapan besar. Di babak itu pun mereka mampu menyingkirkan Korea Selatan lewat adu penalti dengan skor agregat 13-12. 

Sayangnya, di babak semifinal Rizky Ridho dan kawan-kawan harus mengakui keunggulan Uzbekistan (0-2), serta di perebutan tempat ketiga kalah dari Irak (1-2), dan di babak play-off menuju Olimpiade 2024 kalah dari Guinea (0-1).

Sementara itu, anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, menegaskan sanksi denda tersebut akan dibayarkan oleh PSSI.

“Ya, itu kan sama seperti hukuman Komdis ada aturannya, ya dipenuhi. Dan harus dilakukan tahapan pembayarannya sesuai dengan aturan yang ada,” ujar Arya Sinulingga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat