sveosportu.com

Shin Tae-yong Kritik Kondisi Rumput SUGBK

Shin Tae-yong

- Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sempat memberikan kritikan terhadap kualitas rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno usai skuad Garuda mengalahkan Filipina, Rabu (12/6/2024).

Menurutnya kondisi rumput di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, sedang tidak dalam keadaan yang baik.

Jika dilihat, pada laga Timnas Indonesia vs Filipina kemarin, memang kondisi rumput lapangan SUGBK terbilang buruk.

Pada laga tersebut, rumput di stadion terlihat berwarna kecokelatan dan di beberapa sisi kondisi rumput tidak merata.

"Seperti yang kita lihat, memang kondisi rumput kurang baik. Saya berharap di lapangan (SUGBK) tidak diadakan konser lagi, tetapi lebih banyak pertandingan sepak bola," ungkap Shin Tae-yong, seusai laga.

Diketahui dalam beberapa waktu terakhir, SUGBK memang kerap dipakai kegiatan non-sepak bola, seperti konser-konser musik. Hal itu bisa saja menjadi masalah utama kualitas rumput SUGBK terganggu.

Telepas dari hal tersbut, Shin Tae-yong sangat senang skuad Garuda meraih kemenangan dengan didukung oleh puluhan ribu suporter Timnas Indonesia.

Menurutnya dukungan dari masyarakat Indonesia itu, menjadi salah satu kunci Skuad Garuda bisa melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Thom Haye (Timnas Indonesia). (Yogie Gandanaya/)
Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye, usai mencetak gol ke gawang Filipina yang sekaligus menjadi gol debutnya untuk tim Garuda. (Yogie Gandanaya/)

"Atmosfernya sulit dijelaskan. Saya rasa sangat spesial, dedikasi suporter luar biasa. Anda tentu bisa merasakannya di lapangan," ujar Shin Tae-yong.

"Saya rasa dari momen pertama, kita sudah merasakan bahwa kami melakukan pertandingan ini bersama semua orang di stadion, kami mendapat support yang luar biasa. Saya rasa ini jadi pendorong buat kami untuk lolos ke fase selanjutnya," ungkapnya.

Rizky Ridho dan kolega mampu mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 pada laga terakhir Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Dua gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak oleh Thom Haye pada menit ke-32 dan Rizky Ridho menit ke-56.

Lebih lanjut, pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan putaran ketiga nanti akan melawati banyak pertandingan sulit.

Namun, bukan berarti kesempatan Timnas Indonesia tertutup untuk mengejar mimpi berlaga di Piala Dunia 2026.

"Memang kita sudah lolos putaran ketiga, tidak ada lawan yang mudah bagi kami, apalagi ranking kami 134. Jadi kami bisa bilang tim kami yang paling lemah dari tim-tim yang sudah lolos ke putaran ketiga," kata Shin Tae-yong.

"Tapi saya tetap akan berusaha mencapai mimpi saya, dan kami tidak akan mudah menyerah," ucap Shin Tae-yong memungkasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat