sveosportu.com

STY Nilai Kepercayaan Diri Pemain Timnas U-23 Meningkat

Shin Tae-yong

- Timnas U-23 Indonesia sudah tiba kembali di Jakarta, Sabtu (11/5/2024) pagi WIB. Skuad asuhan Shin Tae-yong itu mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, yang langsung disambut oleh PSSI dan juga suporter.

Shin Tae-yong selaku pelatih mengungkapkan hal paling besar yang didapatkan skuadnya selama mengikuti Piala Asia U-23 2024 sekaligus play-off Olimpiade 2024.

Seperti diketahui, Timnas U-23 Indonesia berhasil menempati posisi keempat Piala Asia U-23 2024. Sayangnya, mereka gagal lolos ke Olimpiade 2024, lantaran pada laga play-off kalah dari Guinea U-23 dengan skor tipis 0-1 di Prancis, 9 Mei lalu.

“Para pemain sangat bekerja keras selama turnamen ini. Apalagi kepercayaan diri yang mereka dapat di turnamen ini. Ini bukan AFF tapi AFC,” kata Shin Tae-yong, kepada wartawan.

“Tapi meski pertandingan AFC, tidak kalah percaya diri dan performa juga. Itu yang mungkin bisa dibilang pendapatan paling besar untuk kami, yaitu kepercayaan diri,” jelas pelatih asal Korea Selatan itu.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong tidak menampik bahwa dirinya merasa kecewa dengan kepemimpinan wasit di laga melawan Guinea U-23. Pada laga tersebut, dia memang terkena kartu merah lantaran protes keras terhadap wasit usai Alfeandra Dewangga dianggap melanggar di kotak penalti.

“Bisa jadi alasan (kepemimpinan wasit yang mengecewakan), tapi saya tidak mau hanya bicara ini saja. Ketika lawan Qatar, Uzbekistan, dan Irak, saya nonton terus video-videonya,” ucapnya.

“Apalagi saya ada di dunia sepak bola sudah hampir 45 tahun. Tapi banyak sekali keputusan-keputusan yang sangat disayangkan. Apalagi sampai ke Paris, saat kita melawan Guinea,” pelatih berusia 53 tahun itu menegaskan.

Namun begitu, Shin Tae-yong tetap mengapresiasi performa Rizky Ridho dan kawan-kawan.

“Saya tetap beri tepuk tangan untuk para pemain karena tetap bekerja maksimal, berjuang maksimal sampai akhir kemarin,” ujar eks pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Setelah ini, Shin Tae-yong akan mengalihkan fokusnya ke Timnas Indonesia untuk lanjutan putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Ada dua laga tersisa yang bakal dijalani di Jakarta yaitu melawan Irak (6/6/2024), dan Filipina (11/6/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat