sveosportu.com

Shin Tae-yong Pastikan Calvin Verdonk Tak Main Lawan Irak

calvin verdonk wni

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memastikan bahwa Calvin Verdonk tidak akan dimainkan saat pasukan Garuda melawan Irak pada Kamis (6/6/2024) sore.

Timnas Indonesia bakal melanjutkan perjuangannya di Grup F ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan menjamu Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Sementara itu Calvin Verdonk telah menyelesaikan proses naturalisasi. Bek dari klub NEC Nijmegen (Belanda) itu sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Selasa (4/6/2024).

Proses peralihan asosiasi sang pemain pun sudah rampung dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI, setelah mendapat persetujuan FIFA dan sudah dilaporkan ke AFC, Rabu (5/6/2024).

Dengan pengesahan FIFA dan laporan PSSI ke AFC, maka legalitas Calvin Verdonk untuk memperkuat Timnas Indonesia  telah sah secara hukum, atau tak masalah jika dimainkan.

Akan tetapi pada sesi konfrensi pers jelang lawan Timnas Irak, Rabu (5/6/2024) siang, Shin Tae-yong mengatakan bahwa Calvin Verdonk tidak akan bermain pada duel besok.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin  Tae-yong (jaket hitam) dan pemainnya Jordi Amat dalam sesi konfrensi pers jelang menjamu Irak, di Hotel Sultan, Jakarta, pada 5 Juni 2024. (Yogi Gandanaya/)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin  Tae-yong (jaket hitam) dan pemainnya Jordi Amat dalam sesi konfrensi pers jelang menjamu Irak, di Hotel Sultan, Jakarta, pada 5 Juni 2024. (Yogi Gandanaya/)

Pasalnya nama Calvin Verdonk tidak didaftarkan dalam skuad Timnas Indonesia untuk menghadapi Irak dan baru akan menjadi bagian tim dalam laga setelahnya, menjamu Filipina.

Diketahui pada FIFA Matchday periode Juni 2024, Garuda akan menyelesaikan agenda di ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Lawan Timnas Filipina juga di SUGBK, yakni 11 Juni 2024.

“Calvin bisa didaftarkan untuk pertandingan tanggal 11. Jadi untuk laga besok (lawan Timnas Irak) tidak akan bisa dimainkan,” kata Shin Tae-yong kepada awak media di Jakarta.

Sementara itu untuk Jay Idzes, kemungkinan besar juga tidak akan bermain saat Timnas Indonesia vs Irak karena baru bergabung dengan skuad Garuda pada hari ini atau Rabu (5/6/2024).

“Jay akan sampai di Indonesia hari ini, jadi saya akan cek dulu kondisi sang pemain seperti apa. Setelah itu baru diputuskan Jay bermain atau tidak,” ucap Shin Tae-yong.

Nama Jay Idzes sejatinya sudah masuk sejak awal daftar pemanggilan pemain dirilis. Namun ia diizinkan telat bergabung karena masih ada agenda penting bersama klubnya.

Bek berusia 24 tahun itu masih berjuang bersama Venezia FC pada play-off promosi Seies B 2023-2024 dan berbuah manis, sebab ia dan tim berhasil naik kasta ke Serie A musim depan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat