sveosportu.com

STY Puji Debut Calvin Verdonk bersama Timnas Indonesia

Pemain Timnas Indonesia, Calvin Verdonk. (Foto: Yogie Gandanaya/Grafis: Hendy Andika/Skor.id)

- Debut Calvin Verdonk bersama Timnas Indonesia direspons positif oleh pelatih Shin Tae-yong.

Pada debutnya itu, Calvin Verdonk langsung ikut andil dalam mencatatkan sejarah, yakni membawa Timnas Indonesia melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Itu terjadi seusai Timnas Indonesia sukses mengalahkan Filipina dengan skor 2-0, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Selasa (11/6/2024) malam.

Adapun, dua gol tim Merah Putih ke gawang Filipina masing-masing disarangkan Thom Haye pada menit ke-32 dan Rizky Ridho (56’).

Diketahui, Calvin Verdonk baru sah menjadi Warga Negara Indonesia atau dinaturalisasi satu hari menjelang Timnas Indonesia melawan Irak pada 5 Juni 2024.

Pada laga ini, pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, langsung memasang Calvin Verdonk sebagai starter untuk menghuni bek kiri.

Bek asal klub NEC Nijmegen itu bermain hingga menit ke-67 sebelum digantikan Pratama Arhan. Selama bermain, Calvin Verdonk tampak bermain cukup baik dalam menyerang dan bertahan. Bahkan, dia sempat mendapatkan dua peluang, salah satunya dari sepakan bebas.

Debut Calvin Verdonk mendapatkan kesan positif dari Shin Tae-yong. Menurut  pelatih asal Korea Selatan itu, seharusnya ia melakukan penampilan pertama yang tidak mudah, namun bisa dilewatinya dengan baik.

“Calvin sangat baik, memang ini pertandingan pertamanya. Harusnya tidak begitu gampang buat dia debut karena ada perbedaan waktu dan lingkungan,” kata Shin Tae-yong seusai pertandingan.

“Tetapi dia tetap tampil dengan baik sebagai pemain profesional,” matan pelatih Timnas Korea Selatan itu menambahkan.

Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga mendampingi Irak di Grup F. Tim yang diperkuat Rizky Ridho dan kawan-kawan mengoleksi 10 poin.

Dari enam laga yang dimainkan, Timnas Indonesia meraih tiga kemenangan, satu kali seri, dan tiga kali menelan kekalahan.

“Hari ini mungkin bisa dilihat secara psikologis memang ada kesulitan juga bagi kami. Namun, berkat kerja keras pemain di lapangan, kami bisa mencetak sejarah baru dan kita akhirnya lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia (2026),” ucap Shin Tae-yong.

“Kami akan mempersiapkan tim ini agar semakin baik dan berusaha semaksimal mungkin,” ujar eks pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat