sveosportu.com

STY Tak Khawatir Ditarget Tinggi PSSI dalam Kontrak Baru

Cover STY

- Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menegaskan kesiapannya jika diberikan target tinggi dalam kontrak baru dengan PSSI.

Seperti diketahui, kontrak pelatih asal Korea Selatan itu akan berakhir pada Juni 2024. Namun, perpanjangan kontrak Shin Tae-yong sudah dibicarakan bersama dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan bersepakat secara lisan di sela-sela Piala Asia U-23 2024 lalu.

Durasi kontrak baru pun sudah ditetapkan hingga 2027. Perpanjangan kontrak ini diberikan lantaran Shin Tae-yong berhasil memenuhi target yang dibebankan. Yaitu membawa Timnas Indonesia minimal lolos ke babak 16 Piala Asia 2023, serta ke babak delapan besar Piala Asia U-23 2024 bersama Timnas U-23 Indonesia. 

Bahkan, Timnas U-23 Indonesia dibawanya hingga ke babak semifinal dan nyaris lolos ke Olimpiade 2024.

Terkait kemungkinan adanya target yang lebih tinggi dalam kontrak baru, eks pelatih Timnas Korea Selatan itu sudah memperkirakannya.

“Untuk target saya sama sekali tidak khawatir. Karena saya bekerja dan berjuang di Indonesia ya karena ingin mengembangkan sepak bola Indonesia. Kalau memenuhi syarat itu, otomatis target akan ikut dan ini sudah ada pembicaraan dengan Pak Erick,” ujar Shin Tae-yong.

Di samping itu, pelatih berusia 53 tahun tersebut mengungkapkan masih belum menandatangani kontrak baru lantaran masih menunggu jadwal bertemu kembali dengan Erick Thohir.

“Karena memang Pak Erick banyak kesibukan jadi belum ada tanggal bertemu. Tapi kemungkinan besar minggu depan akan bertemu Pak Erick,” katanya.

Sementara itu, terkait dua laga sisa Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Shin Tae-yong menegaskan ingin mendapatkan poin maksimal. Apalagi dua laga tersebut akan digelar di kandang sendiri.

Dalam dua laga sisa itu, Timnas Indonesia bakal menghadapi Irak (6/6/2024) dan Filipina (11/6/2024). Kedua laga tersebut direncanakan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

“Persiapan baik. Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan kemenangan di dua pertandingan nanti. Saya akan berpesan kepada pemain untuk menang dalam dua pertandingan itu,” tegas Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia sejatinya hanya butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan diri lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, sekaligus lolos ke Piala Asia 2027.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat