sveosportu.com

Shin Tae-yong Tegaskan Bakal Belajar Bahasa Indonesia

Shin Tae-yong. (Dok. PSSI/Grafis Jovi Arnanda)

- Kebersamaan antara Timnas Indonesia dan pelatih Shin Tae-yong dipastikan bakal lebih lama. Menyusul, sudah adanya kesepakatan terkait perpanjangan kontrak antara PSSI dan Shin Tae-yong hingga 2027.

Meski memang, hingga saat ini kedua pihak belum membubuhkan tanda tangan resmi terkait perpanjangan kontrak tersebut.

Namun begitu, dalam periode baru ini, Shin Tae-yong sudah bersiap untuk membenahi kekurangan dirinya selama melatih Timnas Indonesia dalam empat tahun terakhir.

Salah satu yang dikritik dari Shin Tae-yong adalah, setelah empat tahun berkarier menukangi Timnas Indonesia, dia belum juga lancar berbahasa Indonesia. Beberapa kata seperti sapaan selamat pagi, siang, maupun malam, hingga terima kasih mungkin yang saat ini baru dikuasai pelatih asal Korea Selatan itu.

Maka itu, dia pun menegaskan bakal memperlancar bahasa Indonesia-nya.

“Mohon maaf saya tidak bisa bahasa Indonesia. Tetapi ke depannya saya harus belajar bahasa Indonesia, karena saya masih akan berada di Indonesia hingga 2027,” ucap Shin Tae-yong.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong mengakui saat ini masih menunggu jadwal bertemu kembali dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, untuk penandatanganan kontrak baru. Mengingat, keduanya sebelumnya sudah mencapai kesepakatan secara lisan melanjutkan kerja sama hingga 2027, di sela-sela Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

“Karena memang Pak Erick banyak kesibukan jadi belum ada tanggal bertemu. Tapi kemungkinan besar minggu depan akan bertemu Pak Erick,” ujar pelatih berusia 53 tahun itu.

Sementara itu, terdekat Shin Tae-yong bakal memimpin Timnas Indonesia menjalani dua laga sisa Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dia pun menegaskan ingin mendapatkan poin maksimal. Apalagi dua laga tersebut akan digelar di kandang sendiri.

Dalam dua laga sisa itu, Timnas Indonesia bakal menghadapi Irak (6/6/2024) dan Filipina (11/6/2024). Kedua laga tersebut direncanakan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

“Persiapan baik. Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan kemenangan di dua pertandingan nanti. Saya akan berpesan kepada pemain untuk menang dalam dua pertandingan itu,” tegas Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia sejatinya hanya butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan diri lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, sekaligus lolos ke Piala Asia 2027.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat