sveosportu.com

STY Pastikan Timnas Indonesia vs Tanzania Bukan Agenda FIFA

Timnas Indonesia vs Tanzania di uji coba internasional pada 2 Juni 2024.

- Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menegaskan soal status pertandingan uji coba yang akan dijalani timnya menghadapi Tanzania.

Timnas Indonesia diketahui bakal melakoni dua laga terakhir di Grup F ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada 6 dan 11 Juni 2024.

Namun sebelumnya, juga pada FIFA Matchday periode Juni 2024, pasukan Garuda dijadwalkan melawan Timnas Tanzania pada Minggu (2/6/2024).

Terkait duel yang akan dihelat di Stadion Madya, Jakarta, itu, statusnya masih simpang siur apakah masuk ke dalam hitungan Ranking FIFA atau tidak.

Shin Tae-yong pun mengakui bahwa pertandingan Timnas Indonesia vs Tanzania tidak masuk hitungan dan kedua pihak sudah menyepakati hal tersebut.

"Kami sudah sepakat dengan Tanzania bahwa ini laga tingkat satu tapi kami melakukan pergantian enam pemain lebih," katanya, Sabtu (1/6/2024).

"Jadi ini maksudnya bukan laga resmi atau hanya latihan tanding, jadi tidak masuk hitungan poin," Shin Tae-yong menambahkan pada sesi jumpa pers.

Sebab itu, pelatih asal Korea Selatan tersebut meminta suporter untuk tidak berharap lebih pada hasil akhir pertandingan Timnas Indonesia vs Tanzania.

Karena tidak fokus mencari kemenangan, tim pelatih pun tak menganalisis kekuatan lawannya nanti, lantaran yang jadi tujuan adalah lawan Timnas Irak.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (hitam) bersama pemain Asnawi Mangkualam memberikan keterangan kepada pers sebelum laga lawan Tanzania di Jakarta, 1 Juni 2024. (Taufani Rahmanda/)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (hitam) bersama pemain Asnawi Mangkualam memberikan keterangan kepada pers sebelum laga lawan Tanzania di Jakarta, 1 Juni 2024. (Taufani Rahmanda/)

"Untuk laga besok, lebih penting meningkatkan performa dan uji coba fisik para pemain agar bisa bermain lawan Irak dengan 90 menit penuh daripada melihat hasil," ucap Shin Tae-yong.

"Saya akan fokus pada fisik dan kondisi para pemain kami seperti apa. Jadi akan lebih fokus pada permainan kami sendiri seperti apa saat lawan Tanzania."

"Semua fokus itu pada tanggal 6 lawan Irak, karena banyak pemain yang istirahat dan liburan juga (sebelumnya). Besok akan dicek kondisi para pemain seperti apa."

"Jadi tidak akan fokus sama sekali terhadap hasil. Mohon jangan melihat hasil besok seperti apa dan jangan berharap besok hasil harus bagus," ia menjelaskan.

Adapun pada akhir ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Indonesia akan menjamu Irak dan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pasukan Garuda memiliki peluang besar untuk bisa lolos ke babak berikutnya dengan membutuhkan tambahan tiga poin dari dua laga kandang tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat