sveosportu.com

UFC 302: Makhachev Siap Pertahankan Gelar Lawan Poirier

Islam Makhachev vs Dustin Poirier

- Islam Makhachev akan menghadapi Dustin Poirier pada laga utama UFC 302 di New Jersey, Amerika Serikat, yang ditayangkan secara langsung oleh Mola pada Minggu (2/6/2024) WIB.

Pertarungan antara Makhachev versus Poirier menjadi laga akbar divisi kelas ringan UFC karena akan mempertaruhkan sabuk gelar yang dinantikan pencinta olahraga MMA dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Sebelumnya, Islam Makhachev berhasil dua kali mengalahkan Alexander Volkanovski, melalui salah satu pertarungan yang berakhir dengan tendangan kepala di ronde pertama pada laga kedua.

Kemenangan beruntun atas Volkanovski membuat Makhachev sukses mempertahankan statusnya sebagai juara kelas ringan UFC dua kali, dan mendapat julukan "Raja Kelas Ringan".

Saat ini, petarung MMA asal Rusia tersebut memegang rekor 12 kemenangan berturut-turut terpanjang di divisi kelas ringan UFC, menyamai rekor legenda sekaligus mentornya, Khabib Nurmagomedov.

Artinya, jika Islam Makhachev berhasil memenangkan UFC 302, maka ia akan melampaui rekor Nurmagomedov dan berpotensi menyandang Greatest of All Time (GOAT).

Namun, Dustin Poirier sebagai penantang akan menjadi lawan tangguh dengan catatan pemegang rekor 9 kali kemenangan KO/TKO, terbanyak dalam sejarah di divisi kelas ringan UFC.

Petarung Amerika Serikat (AS) itu juga menempati urutan 5 petarung MMA kelas ringan terbaik versi Tapology.

Islam Makhachev akan menghadapi Dustin Poirier di UFC 302.
Islam Makhachev akan berhadapan dengan Dustin Poirier pada laga utama UFC 302 di New Jersey, AS. (Dok.Istimewa)

Di sisi lain, Khabib Nurmagomedov yang juga pernah bertarung melawan Dustin Poirier sempat memberikan pujian sekaligus memberikan sinyal waspada untuk Islam Makhachev.

Menurut Khabib, Poirier adalah petarung yang sangat baik, dan teknik guillotine choke miliknya bisa menjadi kuncian maut yang berbahaya untuk Makhachev.

Khabib Nurmagomedov saat ini masih menjadi Best Lightweight Champion Ever di hati para penggemar. Ia pensiun tanpa terkalahkan dan berhasil mempertahankan gelarnya, dengan menaklukan Conor McGregor, Dustin Poirier, dan Justin Gaethje.

Sementara Islam Makhachev, yang merebut sabuk UFC lightweight usai mengalahkan Charles Oliveira, Oktober 2022, diyakini bisa hat-trick mempertahankan gelarnya di UFC 302 dan mengalahkan para petarung top, seperti Khabib Nurmagomedov.

Hanya saja, Makhachev masih jauh dari rencana pensiun, sehingga ia dipercaya bisa melanjutkan warisan bahkan melampaui rekor yang dipegang Nurmagomedov.

Selain Makhachev vs Poirier, ada banyak pertarungan menarik lainnya yang akan digelar sepanjang bulan Juni 2024. Di antaranya laga kedua dari petarung pertama asal Indonesia di UFC, Jeka Saragih, serta kembalinya, Conor McGregor.

Mengenai laga UFC 302, Jeka yang kini sedang bersiap untuk berlaga di oktagon dalam waktu dekat ini memberikan prediksinya.

“Poirier adalah lawan tangguh, tapi saya yakin Makhachev akan menang dan melampaui rekor Khabib di UFC 302,” ujar Jeka di sela-sela latihannya di San Diego, AS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat