sveosportu.com

Singapore Open 2024: Ganda Putra Tinggal Sisakan Fajar/Rian

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (Dok. PBSI/Hendy Andika/Skor.id).

– Dari tiga ganda putra Indonesia yang bertanding di babak 16 besar Singapore Open 2024, hanya satu yang lolos ke perempat final turnamen bulu tangkis BWF Super 750 tersebut.

Sekarang tim bulu tangkis Merah Putih tinggal menyisakan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sebagai satu-satunya harapan untuk bisa menjadi juara sektor ganda putra Singapore Open tahun ini.

Fajar/Rian mengantongi tiket ke babak delapan besar berkat kemenangan atas pasangan Taiwan, Lee Fang-chih/Lee Fang-jen, 21-8, 21-12, di Singapore Indoor Stadium, Kamis (30/5/2024) malam. 

“Di gim kedua lawan mulai lebih percaya diri, mereka juga sudah tampil tanpa beban, jadi lebih keluar permainannya. Tapi kami sudah siap dengan itu,” ujar Rian dikutip dari rilis PBSI.

“Tidak menyenangkan bermain larut malam, tapi sudah jadi jadwal dari turnamen. Saya menyiasatinya dengan banyak aktivitas untuk menunggu, karena kalau diam saja pasti ada rasa tidak nyaman.”

Selanjutnya, Fajar/Rian yang merupakan unggulan ketujuh turnamen akan bertemu lawan berat, ganda putra nomor dua dunia asal Cina, Liang Wei Keng/Wang Chang, di perempat final, Jumat (31/5/2024).

Sementara itu, dua ganda putra Indonesia lainnya, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani, gugur di 16 besar.  

Bagas/Fikri harus mengakui keunggulan wakil Korea Selatan, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae. Mereka kalah rubber game dari juara dunia 2023 sekaligus unggulan ketiga itu, 21-19, 11-21, 4-21.

“Di gim kedua dan ketiga, Kang/Seo pertahanannya semakin solid dan rapat. Penempatan bolanya sangat baik, membuat kami pontang-panting. Di gim pertama mereka belum terlalu rapi seperti itu,” kata Bagas.

Sedangkan Sabar/Reza takluk melawan Liang Wei Keng/Wang Chang. Seperti Bagas/Fikri, mereka sempat unggul di gim pertama sebelum akhirnya kalah rubber dengan skor 21-18, 11-21, 12-21.

Kekalahan pun dialami ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja. Langkah pasangan PB Djarum ini terhenti akibat tumbang melawan Ye Hong-wei/Lee Chia-hsin (Taiwan), 19-21, 6-21.

Dari ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti mengamankan tiket perempat final meski tidak bertanding. Mereka lolos karena lawannya, Polina Buhrova/Yevheniia Kantemyr (Ukraina) mundur. 

Dengan demikian, maka sebanyak tiga wakil Indonesia yang lolos ke delapan besar. Selain Fajar/Rian dan Apriyani/Fadia, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung juga sukses melangkah ke babak berikutnya.

Gregoria menang dua gim langsung atas Pai Yu-po (Taiwan), 21-10, 21-16. Di sisi lain, juara bertaha tunggal putra Singapore Open Anthony Sinisuka Ginting tersisih usai kalah rubber dari Leong Jun Hao (Malaysia). 

Jadwal Wakil Indonesia di Perempat Final Singapore Open, Jumat (31/5/2024):

Tunggal Putri
Gregoria Mariska Tunjung vs Wang Zhi Yi (7/Cina)

Ganda Putra
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (7) vs Liang Wei Keng/Wang Chang (2/Cina)

Ganda Putri
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (8) vs Nami Matsuyama/Chiharu Shida (4/Jepang)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat