sveosportu.com

Spanyol Tanpa Dani Carvajal, Waktunya Jesus Navas Main

Jesus Navas akan kembali pecahkan rekor sebagai pemain tertua yang pernah memperkuat Spanyol di Piala Eropa jika diturunkan lawan Prancis dalam semifinal Euro 2024 Rabu (10/7/2024) pukul 02.00 WIB (Hendy Andika/Skor.id).

Spanyol akan menghadapi Prancis Rabu (10/7/2024) dini hari WIB nanti dalam semifinal Euro 2024 di Munich Football Arena.

Dalam laga ini, pelatih Timnas Spanyol, Luis de la Fuente, kemungkinan besar akan menurunkan bek kanan veteran, Jesus Navas, menghadapi Les Bleus

Absennya Dani Carvajal karena kartu merah saat melawan Jerman pada perempat final lalu, membuat Navas berpeluang masuk starting lineupLa Roja.

Ini tentunya akan menjadi momen spesial bagi Navas, yang akan berusia 38 tahun 231 hari ketika diturunkan dini hari WIB nanti.

Artinya, Navas akan memecahkan rekornya sendiri sebagai pemain tertua yang ambil bagian di fase terakhir bersama La Roja, yang ia pecahkan sendiri dua pekan lalu saat menjadi starter lawan Albania.

Apalagi sekarang situasinya sangat menuntut. Ini semifinal, bukan pertandingan tanpa mempertaruhkan apa pun.

Sehingga, siapa pun pemain pengganti yang diberikan menit bermain harus yang terbaik.

Dan ingat bahwa lini belakang Spanyol akan menghadapi striker tajam Kylian Mbappe (jika ia pulih dan fit untuk bermain). 

Meski performanya kurang baik selama Euro 2024, striker andalan Prancis ini akan mudah mencetak gol jika barisan pertahanan Spanyol tidak setangguh sebelumnya.

Jesus Navas saat ini sedang menjalani hari-hari terakhirnya sebagai pemain sepak bola.

Dia hanya memiliki waktu kurang dari enam bulan hingga 1 Januari 2025, ketika dia memutuskan akan gantung sepatu di klubnya, Sevilla. 

Oleh karena itu, ini merupakan turnamen besar terakhir bagi satu-satunya pemain tersisa dari tim Spanyol juara Piala Eropa (2012) dan Piala Dunia (2010) tersebut. 

“Suatu kebanggaan setelah sekian lama saya masih bisa berada di sini, terus menikmati permainan bersama tim nasional saya, negara saya,” ujar Navas beberapa hari lalu dalam sebuah wawancara. 

“Itu (memperkuat Timnas Spanyol) adalah pengalaman yang terbaik. Senang rasanya bisa membantu Spanyol. Tiap momen di tim nasional adalah hal yang unik,” ucapnya.

Menghadapi Prancis nanti, pelatih De la Fuente memang punya masalah di lini belakang. 

Selain Carvajal, salah satu pemain yang tampil baik melawan Jerman, Robin Le Normand, juga akan absen mengisi posisi bek tengah. 

Nacho akan menggantikan Le Normand dan bermitra dengan Aymeric Laporte, yang tampil cemerlang saat melawan Jerman. 

Nacho, yang pernah lama bermain di Real Madrid, memang tampak tertatih-tatih saat melawan Jerman pada perempat final di Stuttgart.

Tetapi sumber terpercaya mengatakan itu hanya cedera biasa, dan Nacho akan siap bermain melawan Prancis.

Ada lagi pemain Spanyol yang absen, yaitu Pedri, yang dipastikan tidak akan mengikuti turnamen lagi karena cedera.

Tempatnya, seperti yang terjadi saat melawan Jerman, akan diisi Dani Olmo, salah satu pemain terbaik dalam pertandingan 8 besar itu.

Fabian Ruiz amenjadi pemain Spanyol lainnya yang sempat dalam kondisi tidak fit saat melawan Jerman.

Namun, gelandang Paris Saint-Germain itu menjelaskan, kenyataannya ia hanya sangat lelah dan dengan pemulihan yang optimal Ruiz mengaku siap menghadapi Prancis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat