sveosportu.com

Eks Bintang Les Bleus Kritik Kylian Mbappe

Kylian Mbappe (tengah) dengan rekan setimnya. (Yusuf/Skor.id).

- Mantan bintang Timnas Prancis, Emmanuel Petit, memberikan penilaian dan kritik tentang performa kapten Les Bleus, Kylian Mbappe.

Emmanuel Petit bahkan melontarkan pernyataan yang cukup tajam mengenai peran Kylian Mbappe sebagai kapten Timnas Prancis sepanjang Euro 2024 ini.

Menurut Emmanuel Petit, sejauh ini, Kylian Mbappe bukan hanya belum memperlihatkan kemampuan terbaiknya melainkan tidak menunjukkan sebagai pemimpin dari Tim Ayam Jantan.

"Sejauh ini dia tidak pantas sebagai seorang kapten," kata Emmanuel Petit, seperti yang diberitakan media Spanyol, as.com, hari ini. Pernyataan Emmanuel Petit tersebut dilaporkan oleh televisi Jerman, NTV.

Kylian Mbappe memang telah terpilih sebagai kapten untuk Timnas Prancis di Euro 2024 ini meski ada sejumlah pemain yang dari pengalaman dan usia jauh lebih senior dibandingkan dengan bintang baru Real Madrid ini.

Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps, yang juga dalam masa kariernya sebagai pemain merupakan kapten Les Bleus, memberikan ban kapten kepada Kylian Mbappe sebagai bentuk kepercayaan.

Jabatan kapten tersebut juga diharapkan semakin menambah kepercayaan diri dan kebanggaan Kylian Mbappe sebagai wajah dari sepak bola Prancis.

Namun demikian, Emmanuel Petit justru menilai bahwa dirinya belum melihat Kylian Mbappe menjalankan peran tersebut sepanjang pertandingan di Euro 2024 ini.

"Menurut saya, dia tidak cukup mengambil tanggung jawab terhadap apa yang terjadi di lapangan," kata Emmnanuel Petit lagi.

Prancis akan menghadapi Spanyol dalam semifinal Euro 2024 yang akan digelar malam ini atau Rabu (10/7/2204) pukul 02.00 WIB nanti. Les Bleus berhasil ke semifinal setelah menyingkirkan Portugal di perempat final lewat adu penalti.

Sepanjang Euro 2024 ini pula, Kylian Mbappe baru mencetak satu gol dan itu melalui penalti.

Dia juga berperan dalam terjadinya gol di laga pertama fase grup menghadapi Polandia yang berakhir 1-1, di mana umpannya justru menjadi gol bunuh diri lawan.

Tapi, menurut Emmanuel Petit, Kylian Mbappe sudah terlihat tidak maksimal sejak kali pertama dirinya tampil di awal-awal Euro 2024 yang digelar di Jerman ini.

"Dia jauh dari kemampuan sesungguhnya, kondisi fisiknya juga tidak bagus, ditambah dengan cedera yang menimpanya. Yaitu patah tulang hidung di laga lawan Polandia tersebut.

"Cedera hidung yang dialami menganggunya," kata Emmanuel Petit. Emmanuel Petit salah satu gelandang terbaik pada masanya.

Pria yang kini berusia 53 tahun tersebut bermain untuk Prancis dalam 63 pertandingan dan mencetak 6 gol.

Emmanuel Petit juga bagian dari generasi emas Prancis ketika membawa Tim Ayam Jantan juara Piala Dunia 1998 dan Euro 2000 bersama Didier Deschamps.

"Ketika menghadapi Portugal, dia harusnya lebih cepat digantikan," kata Emmanuel Petit. Meski demikian, Petit yang pernah bermain di Barcelona dan Chelsea, tetap optimistis bahwa Kylian Mbappe akan tampil dengan kemampuan terbaiknya.

"Saya yakin, dia akan tampil luar biasa di semifinal nanti. Dia akan bermain hanya karena Prancis akan menghadapi lawan bernama Spanyol, jika tidak, dia akan dibangku cadangan," kata Emmanuel Petit.

Bagi yang ingin ngobrol langsung tentang laga semifinal Euro 2024 Spanyol vs Prancis malam ini, langsung join ke Live Room Stadeo ya. Live Room akan mulai pada Rabu (10/7/2024) jam 01.00 WIB, jangan sampai ketinggalan ya!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat