sveosportu.com

Shin Tae-Yong Yakin Timnas Indonesia Menang Lawan Filipina

cover shin tae-yong - ragnar oratmangoen

- Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yakin pasukannya mampu mengalahkan Filipina dan mengamankan tiket putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia saat ini berada dalam kondisi hidup-mati, butuh kemenangan untuk lolos sebagai runner-up Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Itu setelah mereka kalah 0-2 dari Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (6/6/2024) lalu.

Sementara, pada saat bersamaan, Vietnam berhasil menekuk Filipina 3-2 dan menempel Tim Garuda di peringkat ketiga dengan selisih satu poin saja.

Situasi ini mau tak mau memaksa Timnas Indonesia untuk merebut poin penuh atas Filipina pada laga pamungkas di SUGBK, Selasa (11/6/2024) malam.

Namun, meski ada tekanan besar untuk menang, Shin Tae-yong tetap menyikapinya dengan santai. Juru taktik asal Korea Selatan itu yakin anak asuhnya nanti bisa bangkit dan mendapatkan hasil positif.

"Lawan Irak kita sebenarnya tidak terlalu kalah secara kualitas, dan saya juga tidak khawatir di laga lawan Filipina nanti. Kami siap dapatkan tiket ke babak ketiga," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga di SUGBK, Senin (10/6/2024). 

"Kami sudah ada motivasi juga, dan melihat kondisi para pemain, mereka menunjukkan yang terbaik dan kerja keras. Pastinya kita akan lolos ke babak ketiga, mohon kepercayaannya dari masyarakat kepada kami," dia menambahkan.

sty-ragnar preskon
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri), bersama striker Ragnar Oratmangoen dalam konferensi pers jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 versus Filipina di SUGBK, 10 Juni 2024. (Teguh Kurniawan/)

Tapi, yang patut diwaspadai Timnas Indonesia, Filipina kini datang dengan kekuatan berbeda. Sejak ditangani Tom Saintfiet, ada sederet talenta anyar yang menambah kedalaman skuad The Azkals.

Lima di antaranya sudah debut saat di kandang Vietnam, pekan lalu, dan Filipina mampu memberi perlawanan hebat kepada salah satu raksasa Asia Tenggara tersebut. 

Meski begitu, Shin Tae-yong memberi garansi bahwa dia sudah menganalisis kekuatan terkini Filipina dan menyiapkan strategi untuk antisipasinya.

"Ya, saya sudah menganalisis kekuatan mereka, menonton laga mereka lawan Vietnam. Tapi, di tempat ini saya tak bisa bicara bagaimana hasil analisis saya dan bagaimana kami mengantisipasinya. Yang penting tidak perlu khawatir karena analisis soal Filipina sudah beres," kata sang pelatih.

Shin Tae-yong percaya diri bisa merebut kemenangan, tapi tetap mengingatkan para pemain untuk tidak meremehkan lawan.

"Para pemain saya tegaskan agar tidak meremehkan Filipina, dan akan mempersiapkan yang terbaik," ujarnya.

"Filipina memang sudah tidak lolos, tetapi mereka akan berjuang keras lawan Indonesia, sama juga kita akan bekerja semaksimal mungkin agar bisa memberikan kemenangan kepada para fans di laga nanti," dia memungkasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat