sveosportu.com

Sumardji Ungkap Alasan Calvin Verdonk Bergabung Lebih Awal

Anggota Komite Eksekutif PSSI yang sekaligus menjadi Ketua Badan Tim Nasional, Sumardji.

- Manajer Timnas Indonesia, Sumardji membeberkan alasan terkait bergabungnya Calvin Verdonk pada pemusatan latihan Skuad Garuda.

Sumardji mengatakan bergabungnya Calvin Verdonk pada pemusatan latihan Timnas Indonesia kali ini, adalah karena permintaan langsung dari pelatih, Shin Tae-yong.

"Hari ini Verdonk sudah ikut latihan dengan timnas Indonesia, itu keinginan ketum PSSI (Erick Thohir) tentu atas permintaan dari Shin Tae-yong agar (Calvin) Verdonk bisa bergabung," ujar Sumardji kepada awak media di Stadion Madya, Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (31/5/2024) pagi.

Selain itu, Sumardji juga menambahkan pemanggilan Calvin Verdonk pada pemusatan latihan Timnas Indonesia kali ini juga untuk memberikan kesempatan beradaptasi dengan tim, sebelum bekerja sama di lapangan.

"Tujuannya supaya Shin Tae-yong tahu bagaimana kondisi Verdonk dan juga bisa segera menyatu dengan tim, sambil menunggu proses naturalisasi yang sedang dilakukan oleh federasi," kata Sumardji.

Calvin Verdonk memang sedang diusahakan untuk bisa menjalani debut bersama Timnas Indonesia pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji saat mengawal latihan skuad Garuda di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (31/5/2024). (Nizar Galang/)
Manajer Timnas Indonesia, Sumardji saat mengawal latihan skuad Garuda di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (31/5/2024). (Nizar Galang/)

Proses naturalisasinya mandek karena belum mendapat persetujuan dari DPR RI. Beberapa waktu lalu, Menpora Dito Ariotedjo menjelaskan jika naturalisasi Calvin Verdonk akan dibahas oleh Komisi III DPR RI awal pekan depan.

"Iya ini proses (naturalisasi) sedang berjalan (di DPR), nanti kita ikuti perkembangannya ya," ucap Sumardji memungkasi.

Pemain NEC Nijmegen itu datang bersama rombongan Timnas Indonesia pada pukul 08.00 WIB untuk menjalani latihan di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (31/5/2024) pagi WIB.

Pada latihan ini, Timnas Indonesia berisikan 19 pemain. Selain Calvin Verdonk, Pratama Arhan juga menjadi pemain yang baru bergabung dengan Skuad Garuda.

Lebih lanjut, pada latihan kali ini terdapat satu pemain yang absen. Ia adalah Yance Sayuri. Diketahui, saudara kembar Yakob Sayuri itu sempat mengalami masalah atau cedera pada latihan pertama lalu.

Timnas Indonesia masih menyisakan dua laga lagi pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak pada 6 Juni 2024, dan Filipina  pada 11 Juni 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat