sveosportu.com

Tyson Fury Tak Terima Kalah dari Oleksandr Usyk

Tyson Fury vs Oleksandr Usyk

– Tyson Fury harus kehilangan sabuk WBC miliknya setelah takluk dari Oleksandr Usyk dalam duel tinju kelas berat yang digelar di Riyadh, Arab Saudi pada Minggu (19/5/2024) WIB.

The Gypsy King kalah setelah melewati pertarungan sengit 12 ronde bertajuk ‘Ring of Fire’ yang ditentukan melalui split decision

Berdasarkan keputusan tersebut, hanya satu juri yang memenangkan Furry dengan skor 114-113. Sedangkan dua juri lainnya memutuskan Usyk yang keluar sebagai pemenang setelah memperoleh skor 113-115 dan 113-114.

Hasil penilaian juri pun menyatakan Usyk keluar sebagai juara kelas berat tak terbantahkan pertama dalam hampir 25 tahun dengan mengamankan seluruh gelar, mulai dari WBA Super, WBC, WBO, IBF, dan IBO.

Pada sisi lain, kekalahan ini mencoreng rekor sempurna milik Tyson Fury. Petinju kelas berat asal Inggris itu kalah untuk kali pertama dalam sepanjang kariernya melalui pertarungan ini.

Diwawancarai selepas laga, Fury secara blak-blakan mengaku tak terima atas kekalahannya.

Fury meyakini dirinyalah yang harusnya keluar sebagai pemenang. Tetapi karena simpati terhadap Ukraina, rasa kemanusiaan memengaruhi keputusan juri di akhir duel.

Sebagai informasi, Ukraina hingga saat ini masih dilanda konflik perang dengan Rusia sejak dua tahun lalu.

“Saya yakin saya memenangkan pertarungan itu. Saya yakin dia memenangkan beberapa ronde tetapi saya memenangkan sebagian besar ronde tersebut,” kata Fury dalam wawancara pascaduel di atas ring.

“Negaranya sedang berperang, dan orang-orang berpihak pada negara yang sedang berperang, tapi jangan salah, saya menang pertarungan itu,” tegas The Gypsy King.

Diketahui kedua petinju memiliki klausul tarung ulang (rematch) dalam kontrak mereka pada pertarungan ini. Sehingga, Fury juga langsung menyerukan rematch yang dijadwalkan akan berlangsung tahun ini juga, sekitar bulan Oktober.

Keinginan sang petinju juga didukung oleh pernyataan Frank Warren selaku promotor duel, yang mengatakan bahwa pertarungan kedua antara Fury vs Usyk adalah suatu kepastian.

“Saya akan kembali. Saya punya klausul pertandingan ulang. Kami akan kembali ke keluarga kami dan saya akan menemuinya lagi pada bulan Oktober,” tambah petinju 35 tahun itu.

“Kami akan kembali, beristirahat. Saya yakin saya memenangkan pertarungan tetapi saya tidak akan duduk dan menangis dan membuat alasan. Saya akan menjalankannya lagi pada bulan Oktober,” Fury menuturkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat