sveosportu.com

Anggun dan Trendi dengan Kebaya Sporty di Hari Kartini

Kebaya sporty bisa menjadi alternatif untuk merayakan Hari Kartini (Jovi Arnanda/Skor.id).

Hari Kartini yang diperingati tiap tanggal 21 April selalu identik dengan pakaian kebaya. Tujuan para wanita Indonesia mengenakan kebaya adalah untuk menghormati Pahlawan Nasional, Raden Ajeng (RA) Kartini.

Semasa hidupnya, RA Kartini yang terkenal dengan karyanya “Habis Gelap Terbitlah Terang” memang sehari-hari selalu mengenakan kebaya tradisional Jawa.

Banyak masyarakat Indonesia begitu antusias merayakan Hari Kartini dengan berpakaian kebaya.

Seiring berjalannya waktu, kebaya mengalami perkembangan. Selain kebaya tradisional, kini terdapat beberapa tren kebaya baru hasil kreativitas para desainer muda.

Termasuk di antaranya kebaya bernuansa sporty. Salah satu desainer yang mencetuskan ide membuat kebaya sporty ini adalah Wisni Indarto, yang juga pemilik WDrupadi.

Dalam karyanya tersebut, Wisni memadukan atasan kebaya kutu baru, sarung, dan bawahan sneaker, sehingga muncul kesan sporty yang begitu kental.

Meski memadukan unsur tradisional dan modern, pemakai kebaya sporty tetap terlihat cantik dan trendi dengan pilihan warna dan corak yang tepat dari atas hingga bawah.

Wisni kemudian memberikan keterangannya mengenai kebaya bernuansa sporty tersebut.

“Konon awalnya kutu baru adalah ‘kemben’ yang digunakan sebagai pakaian dalam pelengkap kebaya,” ujar Wisni dalam unggahannya di akun Instagramnya @wisni_wdrupadi

“Sehingga, dahulu penggunaan kebaya dibiarkan terbuka begitu saja tanpa dikancingkan (seperti kebaya yang saya kenakan dalam foto ini).” 

“Selanjutnya, untuk alasan nilai estetika dan kerapian, kemben tidak lagi digunakan untuk melengkapi kebaya.” 

“Dan dipilihlah konsep "kutu baru"(kutu baru adalah secarik kain yang menghubungan lipatan kebaya di bagian dada) untuk menyempurnakan tampilnya kebaya,” Wisnu menjelaskan.

Kebaya kutu baru sifatnya universal dan mampu menonjolkan kesan keanggunan bagi si pemakainya.”

“Dan sesuai zamannya, saya kemudian mencoba menghadirkan stlye kebaya dengan kemasan zaman sekarang.”

“Jadilah seperti dalam foto: kebaya, sarungan, plus sneaker by @saung_batik_wdrupadi,” Wisni menuturkan.

Parade Kebaya Nusantara

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat