sveosportu.com

STY Intip Peluang Timnas ke Semifinal Piala AFF 2024

Timnas Indonesia. (Hendy AS/Skor.id)

- Federasi Sepak bola ASEAN (AFF) telah melakukan pembagian grup untuk Piala AFF 2024 (kini bernama ASEAN Championship 2024) di Hanoi, Vietnam pada 21 Juni 2024 lalu.

Timnas Indonesia masuk dalam Grup B ASEAN Championship 2024 bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku optimistis bisa membawa skuad Garuda minimal mengantongi tiket empat besar.

Hal itu diungkapkan Shin Tae-yong saat memimpin latihan perdana Timnas Indonesia di Lapangan B, Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (28/5/2024).

"Memang untuk drawing AFF kita satu grup dengan Vietnam saya juga berpikir kalau Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia merupakan tim yang berpotensi lolos ke empat besar," ujar Shin Tae-yong, kepada awak media.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga menilai persaingan di Grup B ASEAN Championship 2024 akan sangat ketat. Namun, dia percaya anak asuhnya bisa melewati rintangan tersebut dengan baik.

"Untuk itu, saya akan semaksimal mungkin dalam persiapannya. Grup kita bagus, jadi tidak ada beban," ungkapnya.

Shin Tae-yong juga mengatakan belum tahu apakah ke depan Timnas Indonesia akan membuat dua kekuatan.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat sedang menjalani latihan perdana Timnas Indonesia di Lapangan B, Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (28/5/2024). (Nizar Galang/)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong disela-sela latihan perdana Timnas Indonesia di Lapangan B, Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (28/5/2024). (Nizar Galang/)

Diketahui, Timnas Indonesia kini sedang dihadapi jadwal yang cukup padat. Sebelum melangkah ke ASEAN Championship 2024, skuad Garuda juga sedang berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada periode Juni 2026.

Selain itu, bisa jadi banyak pemain andalan yang berkiprah di Eropa tidak bisa memenuhi panggilan, lantaran jadwal ASEAN Championship 2024 di luar kalender FIFA.

"Untuk masalah bentuk dua tim atau tetap seperti ini, ya mungkin harus diskusi dulu dengan Ketum PSSI, Pak Erick (Thohir). Jadi kami diskusi dulu baru akan diumumkan bagaimana," ucap Shin Tae-yong.

Lebih lanjut, pelatih berusia 53 tahun itu ingin masyarakat Indonesia tidak terlalu melihat ASEAN Championship 2024 sebagai ajang yang prestisius, karena menurutnya Timnas Indonesia mempunyai target yang lebih tinggi.

"Pastinya AFC lebih besar dari AFF. Saya mohon kepada semua pihak jangan terkurung hanya di piala AFF saja, tapi kita harus majukan diri kita lebih lagi supaya bisa melihat yang lebih besar seperti AFC atau agenda FIFA," tegasnya.

Adapun turnamen yang semula bernama Piala AFF ini dijadwalkan bergulir pada akhir tahun yaitu 23 November hingga 21 Desember 2024.

Formatnya kembali seperti sebelum dua edisi terakhir, yaitu kandang atau tandang, alih-alih terpusat dengan satu tuan rumah.

Turnamen digelar dengan format round robin dengan setiap tim akan memainkan dua pertandingan kandang dan dua lainnya tandang.

Dua tim posisi teratas fase grup lolos ke semifinal. Juara Grup A akan berjumpa runner-up Grup B dan juara Grup B vs runner-up Grup A.

Untuk semifinal hingga final ASEAN Championship 2024, akan dimainkan dengan sistem dua leg atau setiap tim bermain di kandang dan tandang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat