sveosportu.com

Tatap Olimpiade 2024, Rifda Irfanaluthfi Akan TC di Belanda

Pesenam wanita Indonesia Rifda Irfanaluthfi selalu terlihat cantik dalam balutan busana apa pun, termasuk saat bertanding. (M. Yusuf/Skor.id)

– Atlet senam andalan Indonesia, Rifda Irfanaluthfi, mengaku makin percaya diri jelang tampil di Olimpiade 2024

Sebagai persiapan menghadapi Olimpiade perdananya itu, Rifda Irfanaluthfi bakal menjalani pemusatan latihan di Heereveen, Belanda. 

Ia dijadwalkan akan bertolak ke Negeri Kincir Angin pada Sabtu (15/6/2024) pagi bersama dengan sang pelatih, Eva Novalia, sambil terus memulihkan kondisi cedera lututnya. 

Belanda sendiri dipilih sebagai lokasi pemusatan latihan karena beberapa faktor, mulai dari fasilitas latihan yang lengkap hingga faktor iklim yang mirip dengan Prancis.

Setelah dari Belanda, keduanya akan langsung menuju Paris untuk tampil di Olimpiade 2024 yang dijadwalkan bergulir mulai 26 Juli nanti.

“Kondisinya saat ini terasa sekali sangat ada peningkatan. Sekarang sudah lebih percaya diri lagi,” kata Rifda Irfanaluthfi terkait kondisi cederanya. 

“Alhamdulillah lututnya sekarang dalam kondisi jauh lebih baik. Saya jauh lebih siap secara fisik dan mental.” 

“Alhamdulillah sekarang saya juga sudah didampingi oleh fisioterapis yang benar-benar menempel bersama saya selama training camp di Belanda,” ujarnya menambahkan.

Pada sisi lain, Ita Yuliati selaku Ketum PB Persani mengaku berkomitmen memberi dukungan penuh terhadap perjuangan Rifda Irfanaluthfi menatap Olimpiade 2024.

Training camp di Belanda hingga fisioterapis yang selalu "menempel" sang atlet jadi salah satu bentuk nyata dukungan yang telah diupayakan PB Persani.

“Saat tahu kalau cedera, Rifda sempat menangis dan bilang kalau ini adalah akhir dari segalanya,” ujar Ita Yuliati mengenang momen sulit yang pernah dialami Rifda Irfanaluthfi.

“Saya bilang ini bukan akhir, kami akan berjuang bersama-sama. Alhamdulillah Rifda sudah bangkit lagi.”

“Saya sangat bangga. Alhamdulillah sekarang Rifda sudah betul-betul mantap ke Olimpiade. Saya bersyukur sekali, i’m very proud of her,” tutur Ita. 

Rifda Irfanaluthfi juga mendapat dukungan dari Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari

Pria yang akrab disapa Okto itu meyakini Rifda tak akan lagi terganggu rasa sakit karena cedera saat tampil di Paris nanti. 

“Ini momentum penting, karena Rifda orang Indonesia pertama yang berangkat ke Olimpiade dari cabor gymnastic,” ungkap Raja Sapta Oktohari.

“Masalah percaya diri itu saya sangat yakin sekali sama Rifda. Kalau kemarin waktu cedera mungkin sakit tetapi ternyata makin dekat ke Olimpiade, sakitnya makin cepat hilang.” 

“Nanti di Olimpiade sudah hilang sama sekali sakitnya. Kenapa? Karena mindset-nya Rifda itu mindset juara, dan mindset juara itu hanya memikirkan memberi yang terbaik untuk Indonesia,” Okto menjelaskan. 

Keikutsertaan Rifda Irfanaluthfi di Olimpiade 2024 memang mencetak sejarah bagi olahraga Indonesia. 

Pasalnya, Indonesia untuk kali pertama sepanjang sejarah berhasil mengirimkan perwakilan ke Olimpiade dari cabang olahraga senam. 

Torehan sejarah ini pun diyakini Okto bakal membuat olahraga senam Indonesia makin maju ke depannya.

“Kita semua percaya kepada Rifda, Kak Ita, dan Ketua PB Persani yang akan memberikan warna terhadap Olimpiade Paris ini,” katanya. 

“Bukan hanya untuk Olimpiade Paris, tapi untuk Olimpiade-Olimpiade selanjutnya, dan perkembangan gymnastic secara keseluruhan.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat